KHILYA ZAFIRON MALIKH, 126212212043 and IFAH SILFIANAH, 198507092018012001 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI TIGA LEVEL REPRESENTASI DENGAN PERTANYAAN PROBING DAN PROMPTING PADA MATERI ASAM BASA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (833kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (367kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (565kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (409kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Terintegrasi tiga level Representasi dengan Pertanyaan Probing dan Prompting pada materi Asam Basa” ini ditulis oleh Khilya Zafiron Malikh, NIM. 126212212043, pembimbing Ibu Ifah Silfianah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar interaktif, tiga level representasi, pertanyaan probing dan prompting, asam basa Permasalahan yang dialami siswa salah satunya adalah kesulitan dalam memahami materi asam basa yang bersifat abstrak dan konseptual, serta keterbatasan bahan ajar siswa yang hanya berupa LKS. Berdasarkan analisis kebutuhan, belum tersedia bahan ajar yang memuat representasi kimia secara menyeluruh dan mendalam, serta belum menerapkan pendekatan interaktif yang mendorong kemampuan berpikir siswa. Oleh karena itu, dikembangkan e-modul yang terintegrasi tiga level representasi (makroskopik, submikroskopik, simbolik) dengan pertanyaan probing dan prompting untuk membantu siswa memahami materi asam basa secara lebih mendalam. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pengembangan e-modul terintegrasi tiga level representasi dengan pertanyaan probing dan prompting pada materi asam basa, (2) mendeskripsikan tingkat validitas e-modul terintegrasi tiga level representasi dengan pertanyaan probing dan prompting pada materi asam basa, dan (3) mendeskripsikan hasil respon siswa terhadap e-modul terintegrasi tiga level representasi dengan pertanyaan probing dan prompting pada materi asam basa. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADD yang dimodifikasi dari ADDIE, yaitu tahap analisis (analyze), perancangan (design), dan pengembangan (development). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi pedoman wawancara analisis kebutuhan siswa untuk mengetahui kebutuhan awal, angket validasi untuk menilai kelayakan produk, dan angket respon siswa untuk mengetahui tanggapan terhadap produk yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh dua validator, yaitu ahli media dan ahli materi yang terdiri dari dosen dan guru kimia. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas XI di SMAN 1 Kauman Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) E-modul terintegrasi tiga level representasi dengan pertanyaan probing dan prompting pada materi asam basa dikembangkan melalui tahapan model ADD (Analyze, Design, Develop) dengan menggunakan bantuan aplikasi Canva. (2) E-modul yang dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh validator, dengan hasil persentase rata-rata aspek materi sebesar 80% dan aspek media sebesar 85,6%. (3) Respon siswa terhadap e-modul dikategorikan sangat baik, dengan persentase rata-rata sebesar 87%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa e-modul terintegrasi tiga level representasi dengan pertanyaan probing dan prompting pada materi asam basa layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif dalam pembelajaran kimia di sekolah.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Kimia Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
| Depositing User: | 126212212043 KHILYA ZAFIRON MALIKH |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 05:46 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 05:46 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65290 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
