LOCUS OF CONTROL PADA PRESTASI AKADEMIK SISWA KORBAN BULLYING (Studi Kasus di Kelas X TKJ SMK Veteran Tulungagung)

MUHAMMAD ‘AINUL YAQIN SADZALI, 126306203125 and DZINNUN HADI, 199201072023211017 (2025) LOCUS OF CONTROL PADA PRESTASI AKADEMIK SISWA KORBAN BULLYING (Studi Kasus di Kelas X TKJ SMK Veteran Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (792kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Locus of control pada Prestasi Akademik Siswa Korban Bullying (Studi Kasus di Kelas X TKJ SMK Veteran Tulungagung)”, ditulis oleh Muhammad ‘Ainul Yaqin Sadzali. NIM 126306203125. Dosen Pembimbing Dzinnun Hadi, S.Sos.I., M.Pd.I. Program Studi Bimbingan Konseling Islam Jurusan Dakwah Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Tahun 2025. Kata Kunci: Locus of Control, Siswa, Korban Bullying Bullying merupakan salah satu permasalahan yang terus ada khususnya dalam dunia sekolah. Bullying dapat memiliki akibat buruk jangka pendek dan jangka panjang pada semua individu yang terlibat, yaitu pelaku, korban, dan pengamat. siswa yang menjadi korban bullying beresiko tinggi mengalami permasalahan perkembangan, akademik, sosial, dan lain-lain. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana locus of control yang dimiliki oleh siswa korban bullying di SMK Veteran Tulungagung mempengaruhi cara mereka mengatasi atau merespon bullying yang mereka alami. Metode penelitian yang digunakan adalan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah siswa korban bullying cenderung memiliki locus of control yang dominan pada dimensi chance. Mereka memandang bahwa keberhasilan atau kegagalan dalam belajar lebih dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti nasib, suasana lingkungan, gangguan teman, dan kondisi sosial yang tidak mendukung, daripada oleh usaha dan kemampuan diri sendiri. Sikap ini menyebabkan rendahnya kontrol internal, inisiatif belajar yang minim, serta penurunan motivasi akibat perasaan tidak berdaya dalam menghadapi situasi belajar. Kondisi ini diperkuat oleh tekanan sosial dan kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar, sehingga penting bagi guru dan pihak sekolah untuk menciptakan suasana belajar yang aman dan suportif agar siswa dapat berkembang secara optimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bullying
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306203125 MUHAMMAD 'AINUL YAQIN SADZALI
Date Deposited: 27 Dec 2025 07:07
Last Modified: 27 Dec 2025 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65386

Actions (login required)

View Item View Item