PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM PEMBELAJARAN PIDATO [Studi Kasus di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar]

MARATUS SOLIKKAH, 2811133147 (2017) PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM PEMBELAJARAN PIDATO [Studi Kasus di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar]. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (342kB)

Abstract

ABSTRAK Maratus Solikkah. NIM: 2811133147, “Pengembangan Karakter Religius Siswa Melalui Program Pembelajaran Pidato [Studi Kasus di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar]”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2017, dosen pembimbing: Drs. H. Ali Rohmad, M.Ag, NIP: 196111101990011001. Kata Kunci: Pengembangan, Karakter Religius, Program Pembelajaran Pidato, Studi Kasus. Penelitian ini di latar belakangi oleh jajaran penyelenggara pendidikan madrasah dan sekolah di Negara Kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila sebagai termaktub dalam alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 dituntut untuk mengembangkan karakter religius siswa. Karakter religius ini dapat dilihat di setiap lembaga pendidikan dari perilaku berbagai kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik. Sebagai respon terhadap tuntutan pengembangan karakter religius siswa itu, maka yang lazim ditempuh adalah menyelenggarakan pendidikan berbasis kurikulum terpadu lagi berkelanjutan antara aktivitas intrakurikuler, aktivitas ekstrakurikuler, dan aktivitas hidden-curriculum. Tidak terkecuali yang ditempuh oleh para penyelenggara pendidikan di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar. Secara khusus yang terkait dengan aktivitas ekstrakurikuler, di Madrasah Aliyah ini oleh pihak yayasan telah ditetapkan kegiatan “ekstrakurikuler muhadhoroh”. Dan secara khusus terkait dengan pembelajaran pidato dari aktivitas “ekstrakurikuler muhadhoroh” itu ternyata harus ditempuh oleh siswa. Disamping itu pidato di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda dapat mengembangkan pendidikan karakter khususnya karakter religius. Didasarkan oleh hal tersebut peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian mengenai pengembangan karakter religius siswa melalui program pembelajaran pidato di Madrasah Aliyah Darul Huda Wonodadi Blitar. Fokus Penelitian: 1. Bagaimana pengembangan karakter religius siswa melalui program pembelajaran pidato di MA Darul Huda Wonodadi Blitar?; 2. Apa karakter religius yang dikembangkan melalui program pembelajaran pidato di MA Darul Huda Wonodadi Blitar?; 3. Apa faktor pendukung dan penghambat realisasi program pembelajaran pidato di MA Darul Huda Wonodadi Blitar? Pendekatan : penelitian kualitatif; jenis penelitian : studi kasus; lokasi penelitian : Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar, sumber data : informan, peristiwa/aktivitas dan dokumen; teknik pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi; data hasil penelitian lapangan : ringkasan data; prosedur analisis data menggunakan: data reduction, data display, conclusion drawing (verification; pengecekan keabsahan data menggunakan; perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajengan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian : 1. Pengembangan karakter religius siswa melalui program pembelajaran pidato di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar telah dirintis oleh para pendiri yayasan, sampai saat ini secara umum telah berlangsung dengan relatif baik; tema pidato berkaitan dengan Islam, siswa harus mempersiapkan teks pidato berbahasa Indonesia-Arab-Inggris berdasarkan Al-qur’an dan / al-hadits serta teori yang relevan agar tercipta pengembangan wawasan siswa yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 2. Macam-macam karakter religius siswa yang dikembangkan melalui program pembelajaran pidato di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar antara lain adalah rendah hati (iffaf atau ta’affuf), amanah, silaturrahmi, dan akhlak atau kedisiplinan. 3. Faktor pendukung realisasi program pembelajaran pidato di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar adalah: a) senantiasa terdapat perhatian dari kalangan siswa untuk menjadi peserta, b) senantiasa terdapat dukungan kelancaran pelaksanaan dari sie muhadhoroh yang terdapat pada OSIS, c) senantiasa terdapat dukungan penuh dari direktur yayasan dan kepala madrasah. d) senantiasa terdapat pengembangan sarana dan prasarana yang semakin memadai seperti lapangan serba guna, ruang kelas, sound system, dan LCD; dan faktor penghambat realisasi program pembelajaran pidato di Madrasah Aliyah (MA) Darul Huda Wonodadi Blitar adalah: a) waktu pelaksanaan program pembelajaran pidato di Sabtu sore, dianggap oleh sebagian peserta itu menjenuhkan, apalagi sebagian peserta ingin pulang, b) waktu pelaksanaan program pembelajaran pidato di Sabtu sore juga dianggap berbenturan dengan jadwal kegiatan pondok pesantren bagi siswa yang menjadi santri, c) sebagian siswa peserta program pembelajaran pidato cenderung kurang antusias.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133147 MARATUS SOLIKKAH
Date Deposited: 11 Dec 2017 03:42
Last Modified: 11 Dec 2017 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6813

Actions (login required)

View Item View Item