PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP AL-AZHAAR KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG

NANANG SETIAWAN, 2811133191 (2017) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP AL-AZHAAR KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (129kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMP Al-Azhaar Kecamatan kedungwaru Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Nanang Setiawan, NIM. 2811133191, dibimbing oleh Luluk ‘Atirotul Zahro, M.Pd. Kata Kunci : Guru, PAI, Menghafal Al-Qur’an, Anak Berkebutuhan Khusus Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan Al-Qur’an bagi setiap muslim. Dan pendidikan Al-Qur’an lebih baik diajarkan pada anak usia dini sehingga banyak anak yang mampu menghafalkan Al-Qur’an dengan baik. Kemudian bagaimana dengan anak yang berkebutuhan khusus? Untuk itu perlu adanya pendidikan khusus menghafal Al-Qur’an bagi anak yang berkebutuhan khusus. Hal ini tidak lepas dari peran guru PAI jika pendidikan menghafal AL-Qur’an tersebut berada di lembaga sekolah formal. Salah satunya yaitu di SMP Islam Al-Azhaar Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian mengenai peran guru PAI dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak berkebutuhan khusus di SMP Islam Al-Azhaar Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak berkebutuhan khusus di SMP Al-Ahzar Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung? (2) Metode apakah yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak berkebutuhan khusus di SMP Al-Ahzar Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana hasil kemampuan anak berkebutuhan khusus di SMP Al-Ahzar Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung dalam menghafal Al-Qur’an melalui metode yang diterapkan oleh guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak berkebutuhan khusus di SMP Al-Ahzar Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan metode yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak berkebutuhan khusus di SMP Al-Ahzar Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan hasil kemampuan anak berkebutuhan khusus di SMP Al-Ahzar Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung dalam menghafal Al-Qur’an melalui metode yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di SMP Islam Al-Azhaar Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil Penelitian ini adalah : (1) Langkah-langkah yang digunakan guru PAI dalam membimbing dan membina siswa berkebutuhan khusus di SMP Al-Azhaar yaitu dengan menyesuaikan kemampuan siswa terlebih dahulu. Bagi siswa yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an mengikuti kelas khusus untuk belajar membaca Al-Qur’an sesuai dengan makhorijul huruf dan tajwidnya. Bagi siswa yang sudah lancar membaca Al-Qur’annya memulai hafalannya dengan menghafalkan Al-Qur’an dari juz 30 dahulu, kemudian setelah hafal juz 30 atau juz ‘amma kemudian mulai menghafalkan juz berikutnya. (2) Metode yang digunakan guru PAI dalam membimbing dan membina siswa berkebutuhan khusus di SMP Al-Azhaar Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung yaitu dengan metode muroja’ah. Selain itu juga terus menerus mengulang-ngulang hafalannya. (3) Hasil kemampuan anak dalam menghafalkan Al-Qur’an sungguh sangat membanggakan karena sebagian besar dari siswa berkebutuhan khusus di SMP Al-Azhaar sudah hafal Al-Qur’an. Bahkan ada diantara mereka yang sudah menjuarai lomba menghafal Al-Qur’an. Selain itu sarana terapi anak berkebutuhan khusus melalui mebaca Al-Qur’an juga telah membuahkan hasil, karena siswa menjadi lebih tenang dan lebih mudah mengontrol emosinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133191 NANANG SETIAWAN
Date Deposited: 11 Dec 2017 06:59
Last Modified: 11 Dec 2017 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6822

Actions (login required)

View Item View Item