NOVA ROZAQ ANAFI, 2811133290 (2017) METODE PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN PANGGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (537kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (285kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) |
||
|
Text
BAB I .pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV .pdf Download (497kB) | Preview |
|
Text
BAB V .pdf Download (65kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
Abstract
ABSTRAK Nova Rozaq Anafi. NIM. 2811133290. Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung.. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Kitab Kuning Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran kitab kuning didalam pondok pesantren. Pesantren sebagai lembaga pendidikan tradisional memiliki watak yang utama, yaitu sebagai lembaga pendidikan yang memiliki ciri-ciri khas. Karena pesantren memiliki tradisi keilmuan yang berbeda dengan tradisi keilmuan lembaga-lembaga lainnya, seperti sekolah. Salah satu dari ciri utama pesantren adalah sebagai pembeda lembaga keilmuan yang lain adalah kitab kuning, yaitu kitab-kitab islam klasik yang ditulis dalam bahasa Arab baik yang ditulis tokoh muslim arab maupun pemikir muslim Indonesia. Pesantren ternyata menyimpan keunikan tersendiri. Salah satu diantaranya adalah kegiatan pengajian kitab kuning yang merupakan salah satu cirri khas dan simbol tradisi keislaman di pesantren yang hingga kini masih dipertahankan terutama pada beberapa pesantren tradisional. Dengan kata lain pesantren dan kitab kuning ibarat dua sisi mata uang yang sama-sama mempunyai makna, sehingga eksistensi sebuah pesantren hampir selalu diidentikkan dengan kitab kuning yang mengandung berbagai khazanah ilmu pengetahuan. Atas dasar itu, penelitian ini difokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu: (1) Bagaimana metode pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Panggung Tulungagung?., (2) Problematika apa yang ada di dalam metode pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Panggung Tulungagung?., (3) Bagaimana upaya mengatasi problematika metode pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Panggung Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di pondok pesantren Panggung Tulungagung. Sumber data dewan asatidz, kepala pondok, pengurus pondok, dan dokumen. Teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data pemeriksaan sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil Penelitian. Pertama, metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab kuning dengan metode bandongan dan metode diskusi atau syawir. Kedua, problematika yang ada di dalam metode pembelajaran kitab kuning adalah padatnya kegiatan santri, karakter santri yang berbeda, banyaknya tempat hiburan, pengaruh pergaulan, pengaruh kemajuan teknologi dan waktu yang terbatas. Ketiga, upaya mengatasi problematika metode pembelajaran kitab kuning adalah strategi pembelajaran yang digunakan ustadz bersifat humoris, santri dituntut untuk disiplin, pengumpulan hanpone, pengecekan kitab, menejemen waktu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133290 NOVA ROZAQ ANAFI |
Date Deposited: | 11 Dec 2017 07:23 |
Last Modified: | 11 Dec 2017 07:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6825 |
Actions (login required)
View Item |