OPTIMALISASI PEMBELAJARAN AL QUR’AN MELALUI METODE UMMI (Studi Multikasus di MIT Al-Ifadah Kaliwungu Dan SDIT Darussalam Tulungagung)

SITI MUAWANAH, 1755154040 (2017) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN AL QUR’AN MELALUI METODE UMMI (Studi Multikasus di MIT Al-Ifadah Kaliwungu Dan SDIT Darussalam Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (621kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Optimalisasi Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Ummi (Studi Multi Kasus di MIT Al-Ifadah Kaliwungu dan SDIT Darussalam Tulungagung)” ini ditulis oleh Siti Muawanah dengan dibimbing oleh Dr. H. Hasyim Nawawie, M.Si. dan Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Optimalisasi, Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Ummi Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di mana dalam proses pembelajaran di kelas, guru belum bisa terampil untuk mengoptimalkan pembelajaran Al-Qur’an. Padahal keterampilan seorang guru adalah salah satu factor penting yang dapat mempengaruhi hasil pembelajaran Al-Qur’an peserta didik. Semakin baik mekanisme dan langkah-langkah guru dalam proses pembelajaran maka hasil belajarnya juga akan baik. Oleh karena itu, guru perlu membuat inovasi baru dalam pembelajaran Al-Qur’an di kelas supaya dapat mengoptimalkan pembelajaran Al-Qur’an di sebuah lembaga. Cara yang dapat dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam yaitu memilih metode yang menyenangkan bagi siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an. Salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an yang dapat digunakan dalam mengoptimalkan pembelajaran Al-Qur’an adalah metode ummi karena didalamnya mengajarkan Al-Qur’an dengan diulang-ulang, menyenangkan, dan menyentuh hati. Ini dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas supaya hasil belajar yang didapatkan juga akan baik. Pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimanakah mekanisme guru Al-Qur’an MIT Al-Ifadah Kaliwungu dan SDIT Darussalam Tulungagung dalam mengoptimalkan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode ummi?, (2) Bagaimanakah langkah-langkah pembelajaran Al-Qur’an melalui metode ummi di MIT Al-Ifadah Kaliwungu dan SDIT Darussalam Tulungagung?, (3) Bagaimanakah hasil optimalisasi pembelajaran Al-Qur’an melalui metode ummi di MIT Al-Ifadah Kaliwungu dan SDIT Darussalam Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan memahami: (1) Guru Al-Qur’an MIT Al-Ifadah Kaliwungu dan SDIT Darussalam Tulungagung dalam mengoptimalkan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode ummi, (2) Langkah-langkah pembelajaran Al-Qur’an melalui metode ummi di MIT Al-Ifadah Kaliwungu dan SDIT Darussalam Tulungagung, (3) Hasil optimalisasi pembelajaran Al-Qur’an melalui metode ummi di MIT Al-Ifadah Kaliwungu dan SDIT Darussalam Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multi kasus, lokasinya di MIT Al-Ifadah Kaliwungu dan SDIT Darussalam Tulungagung. Data dan sumber data: 1. Primer: kepala sekolah, guru, dan peserta didik; 2. Sekunder: dokumentasi, serta arsip-arsip. Pengumpulan data penelitian ini dengan observasi partisipan, wawancara mendalam serta teknik dokumentasi. Pengecekan data kembali dengan triangulasi, perpanjangan kehadiran, dan diskusi teman sejawat. Untuk analisis data, peneliti mengumpulkan data kemudian reduksi data, penyajian data selanjutnya menarik kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Mekanisme guru Al-Qur’an dalam pembelajaran Al-Qur’an metode ummi yaitu privat individual, klasikal individual, klasikal baca simak, klasikal baca simak murni, (2) Langkah-langkah pembelajaran Al-Qur’an malalui metode ummi meliputi, yaitu pembukaan, appersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan untuk keterampilan, setoran untuk evaluasi, dan penutup, dan (3) Hasil optimalisasi pembelajaran Al-Qur’an metode ummi telah berdampak positif bagi siswa. Siswa mampu belajar Al-Qur’an metode ummi dengan fasih, tartil, dan lulus ujian dengan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 1755154040 SITI MUAWANAH
Date Deposited: 14 Dec 2017 07:39
Last Modified: 14 Dec 2017 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6850

Actions (login required)

View Item View Item