RIDWAN FAUZI, 2823123123 (2017) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PELAYANAN NASABAH (Studi Kasus di Baitul Mal wa Tamwil (BMT) Sahara Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (602kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (313kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (182kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (300kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK RIDWAN FAUZI, 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Dalam Upaya Meningkatkan Pelayan Terhadap Nasabah (Studi Kasus di Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Sahara Tulungagung), Jurusan Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Qomarul Huda, M.Ag. Manajemen sumber daya manusia (MSDM) berperan aktif dan dominan dalam kegiatan perusahaan MSDM berhubungan dengan rekrutmen, melatih atau mengembangkan, memotivasi, mengorganisasikan, dan memelihara karyawan. Disamping itu, peran manajemen dan pekerjaan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pelayanan dalam suatu tata ruang. Rumusan masalahnya yaitu: (1) Bagaimana peran Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Tulungagung sahara untuk meningkatkan pelayanan terhadap nasabah? (2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat proses Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) sahara Tulungagung dalammeningkatkan pelayanan kepada nasabah? Peneliti ini merupakan penelitian kualitatif. Data prime merupakan data yang diperoleh dari manajer dan karyawan BMT Sahara Tulungagung. Sedangkan data kekunder dari buku-buku referensi yang akan melengkapi dokumentasi yang telah ada. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknis analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) peran manajemen sumber daya manusia (SDM) baitul maal wa tamwil (BMT) Sahara Tulungagung untuk meningkat kanpelayan terhadap nasabah tediri dari: Rekrutmen mengatur sumber daya yang dibutuhkan sesuai dengan posisi yang tersedia. Dalam proses pelatihan dan pengembangan, manajemen mengatur pelatihan yang mampu memberikan dampak pada kinerja karyawan dalam perusahaan. Proses motivasi, memahamkan karyawan memiliki satu tujuan motivasi yang sama dalam bekerja. Dalam tahap organisasi dan pengorganisasian mengatur akan tugas dan kewajiban masing-masing posisi dalam perusahaan. Tahap akhira dalah pemeliharaan karyawan, menjadi tanggung jawab pimpinan untuk selalu memper hatikan karyawan yang berusaha bekerja maksimal memajukan perusahaan.Tentu adahal lebih yang diberikan perusahaan kepada karyawan sebagai apresiasi menjalan kantugas. Sehingga perusahaan mengalami kemajuan dalam segala hal. Dengan terselenggaranya semua hal tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap peningkatan pelayanan terhadap nasabah. (2) Faktor Pendukung yang mampu membuat nasabah meningkat yaitu: lokasi strategis, tempat yang nyaman dan fasilitas, mengerti kebutuhan nasabah. Kendala yang dihadapi oleh BMT Sahara Tulungagung adalah latar belakang pendidikan karyawan yang kurang sesuai dengan posisi yang ada diperusahaan. Namun mengatasi hal tersebut Manajemen turut berpean aktif mengikut sertakan karyawan dalam setiap pelatihan guna memperdalam pengalaman dan kinerja karyawan dalam perusahaan. Kata kunci : Manajemen, Sumber Daya Manusia, Pelayanan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 2823123123 RIDWAN FAUZI |
Date Deposited: | 21 Dec 2017 02:11 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 02:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6862 |
Actions (login required)
View Item |