Mukaromah, Siti (2014) Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VIII MTs Qoidatul Marom Kauman Tulungagung Pada Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2013/2014”. [ Skripsi ]
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTR RUJUKAN.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci : Analisis, kemampuan, penalaran, lingkaran. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa kemampuan penalaran siswa, baik penalaran deduktif maupun induktif sangat berpengaruh dalam mempelajari matematika. Sehingga dalam hal ini peneliti ingin mengetahui dan mendeskripsikan tentang kemampuan penalaran deduktif dan penalaran induktif yang dimiliki siswa kelas VIII MTs Qoidatul Marom Kauman. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana tingkat kefahaman siswa kelas VIII MTs Qoidatul Marom Kauman khususnya pada materi lingkaran? (2) Bagaimana kemampuan penalaran deduktif khususnya pada materi lingkaran yang dimiliki oleh siswa MTs Qoidatul Marom Kauman kelas VIII? (3) Bagaimanakemampuanpenalaraninduktifkhususnyapadamaterilingkaran yang dimiliki oleh siswa MTs Qoidatul Marom Kauman kelas VIII? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan tingkat kefahaman siswa kelas VIII MTs Qoidatul Marom Kauman khususnya pada materi lingkaran (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif khususnya pada materi lingkaran yang dimiliki oleh siswa MTs Qoidatul Marom Kauman kelas VIII (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran induktif khususnya pada materi lingkaran yang dimiliki oleh siswa MTs Qoidatul Marom Kauman kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memahami keseluruhan situasi sosial sumber data tersebut. Tes dan wawancara digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran induktif dan deduktif siswa kelas VIII MTs Qoidatul Marom Kauman. Dokumentasi berupa foto digunakan sebagai bukti pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman siswa kelas VIII MTs Qoidatul Marom Kauman pada konsep lingkaran masih di bawah KKM, dan hanya yang sudah menguasai dan faham terhadap konsep lingkaran itu sendiri. (2) sebesar siswa kelas VIII MTs Qoidatul Marom Kauman memiliki kemampuan penalaran induktif dengan memenuhi beberapa indicator kemampuan penalaran induktif dan (3) sebesar siswa kelas VIII MTs Qoidatul Marom Kauman memiliki kemampuan penalaran deduktif. Siswa ini memenuhi semua indicator kemampuan penalaran deduktif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 Jan 2015 03:32 |
Last Modified: | 08 Jan 2015 03:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/697 |
Actions (login required)
View Item |