Proses Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Bruner Dalam Memahami Teorema Pythagoras Di Kelas VIII-B MTs Negeri Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014.

Narulita, Riskayanti, (2014) Proses Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Bruner Dalam Memahami Teorema Pythagoras Di Kelas VIII-B MTs Negeri Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN KUALITATIF.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSEMBAHAN dkk.pdf

Download (385kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Proses Berpikir, Teori Bruner, Memahami Teorema Pythagoras. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa masih banyak siswa yang bermasalah dalam memahami Teorema Pythagoras dan mengaplikasikannya pada bangun datar. Siswa masih bingung dalam menentukan langkah-langkah penyelesaiannya dan rumus apa yang harus digunakan. Dalam hal ini peneliti berusaha untuk menggambarkan proses berpikir siswa berdasarkan teori Bruner dalam memahami Teorema Pythagoras. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah proses berpikir siswa berdasarkan teori Bruner dalam memahami Teorema Pythagoras di kelas VIII-B MTs Negeri Bandung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa berdasarkan teori Bruner dalam memahami Teorema Pythagoras di kelas VIII-B MTs Negeri Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) melihat latar subjek, (2) menyiapkan soal-soal tes tertulis, (3) pengamatan dalam pembelajaran, (4) pelaksanaan tes tertulis, (5) pelaksanaan wawancara pada subjek terpilih, (6) pendeskripsian proses berpikir subjek berdasarkan hasil tes tertulis dan wawancara, (7) melakukan pembahasan terhadap data dan temuan penelitian, dan (8) menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses berpikir siswa berdasarkan teori Bruner dalam memahami Teorema Pythagoras ada tiga tahapan belajar yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik. Pada tahap enaktif ada 31 siswa sudah mampu memecahkan masalah dengan benar melalui penggunaan objek nyata. Ada 13 siswa belum mampu pada tahap enaktif karena penggunaan rumus yang kurang tepat, pemahaman soal yang salah dan kurang teliti. Pada tahap ikonik sebanyak 25 siswa sudah mampu memahami masalah dan mencari solusi pemecahan yang tepat melalui pengamatan ilustrasi gambar/objek yang diberikan. Namun sebanyak 19 siswa belum mampu pada tahap ini karena kurangnya pemahaman konsep dan tidak teliti. Pada tahap simbolik sebanyak 36 siswa sudah mampu memahami masalah yang diberikan berupa soal cerita. Sedangkan sebanyak 8 siswa belum mampu pada tahap belajar simbolik karena sulit memahami soal cerita akibatnya hasil jawaban dan rumus yang digunakan kurang tepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Jan 2015 03:51
Last Modified: 08 Jan 2015 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/701

Actions (login required)

View Item View Item