PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF UDANAWU

ROHMATIKA, 2814133162 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF UDANAWU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (994kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (932kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Udanawu” ditulis oleh Rohmatika yang dibimbing oleh Ibu Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Pair Checks, Lembar Kerja Siswa (LKS), hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena guru lebih sering menerapkan metode pembelajaran konvensional yang cenderung monoton yang membuat siswa menjadi pasif, bosan, dan tidak terfokus perhatiannya pada pembelajaran. Sehingga peneliti ingin menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks berbantuan LKS dimana nantinya siswa dapat lebih aktif, dan siswa dapat memperoleh banyak manfaat diantaranya kedekatan antar siswa, belajar menerima pendapat orang lain, mengajarkan pada siswa untuk teliti dengan pekerjaan sendiri dan pekerjaan temannya, belajar berbagi dengan teman satu kelompok, dan timbulnya tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang diberikan peneliti. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Udanawu. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Udanawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 309 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel tipe simple random sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas VII-G sebagai kelas kontrol dan kelas VII-H sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan uji independent T-test. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Udanawu. Terlihat dari hasil uji independent T-test diperoleh nilai t_hitung (6,103)>t_tabel (1,992) dengan db = 76 pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Udanawu adalah 1,4 yang dalam tabel interprestasi nilai Cohen’s d tergolong large atau besar dengan persentase lebih dari 91,9%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133162 ROHMATIKA
Date Deposited: 29 Dec 2017 01:55
Last Modified: 29 Dec 2017 01:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7035

Actions (login required)

View Item View Item