ROHMATIKA, 2814133162 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF UDANAWU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (712kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (994kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (932kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (183kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Udanawu” ditulis oleh Rohmatika yang dibimbing oleh Ibu Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Pair Checks, Lembar Kerja Siswa (LKS), hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena guru lebih sering menerapkan metode pembelajaran konvensional yang cenderung monoton yang membuat siswa menjadi pasif, bosan, dan tidak terfokus perhatiannya pada pembelajaran. Sehingga peneliti ingin menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks berbantuan LKS dimana nantinya siswa dapat lebih aktif, dan siswa dapat memperoleh banyak manfaat diantaranya kedekatan antar siswa, belajar menerima pendapat orang lain, mengajarkan pada siswa untuk teliti dengan pekerjaan sendiri dan pekerjaan temannya, belajar berbagi dengan teman satu kelompok, dan timbulnya tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang diberikan peneliti. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Udanawu. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Udanawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 309 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel tipe simple random sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas VII-G sebagai kelas kontrol dan kelas VII-H sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan uji independent T-test. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Udanawu. Terlihat dari hasil uji independent T-test diperoleh nilai t_hitung (6,103)>t_tabel (1,992) dengan db = 76 pada taraf signifikansi 5%. Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks berbantuan LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Udanawu adalah 1,4 yang dalam tabel interprestasi nilai Cohen’s d tergolong large atau besar dengan persentase lebih dari 91,9%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133162 ROHMATIKA |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 01:55 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 01:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7035 |
Actions (login required)
View Item |