PENDIDIKAN TOLERANSI UMAT BERAGAMA DI SMAN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN 2017

ANISWATUL MEILIZA ANGGRAINI, 2811133037 (2017) PENDIDIKAN TOLERANSI UMAT BERAGAMA DI SMAN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN 2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (977kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Meiliza, Aniswatul. 2017. Pendidikan Toleransi Umat Beragama Di SMA Negeri 1 Ngunut. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Muh. Muntahibbun Nafis, M.Ag. Kata kunci: Toleransi dan Pendidikan Toleransi Agama Toleransi adalah sikap terbuka dan mau mengakui adanya berbagai macam perbedaan, baik dari sisi suku bangsa, warna kulit, bahasa, adat istiadat, budaya, serta agama. Pendidikan toleransi adalah salah satu upaya untuk memahamkan anak didik akan pentingnya hidup dalam komunitas yang berbeda. Dalam penelitian ini peneliti lebih mengkhususkan dalam pendidikan toleransi antar umat beragama. Agama menjadi topik yang sensitif untuk dibahas, karena agama adalah hak setiap individu untuk mengatur tata keimanan dan peribadatan kepada Tuhan. Lembaga pendidikan diharapkan dapat memahami pentingnya pendidikan toleransi agama sebagai kebijakan kurikulum di sekolah. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pendidikan toleransi umat beragama di SMAN 1 Ngunut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Potret keberagaman di SMAN 1 Ngunut, (2) Implementasi pendidikan toleransi agama di SMAN 1 Ngunut, (3) faktor pendukung dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pendidikan toleransi di SMAN 1 Ngunut. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data berupa informasi berupa pernyataan tentang pendidikan toleransi umat beragama di SMAN 1 Ngunut. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari beberapa sumber, antara lain: observasi, wawancara (semi struktur dan tidak berstruktur), dan dokumentasi. Lokasi yang menjadi obyek penelitian adalah SMA Negeri 1 Ngunut. Analisis data deskriptif ada tiga cara yaitu : (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode, menggunakan bahan referensi, ketekunan/ keajengan pengamatan. Ditemukan data pendidikan toleransi umat beragama di SMAN 1 Ngunut sebagai berikut. (1) Potret keberagaman di SMAN 1 Ngunut bahwa dilandasi oleh latar belakang warga sekolah dan kondisi keberagamaan SMAN 1 Ngunut. (2) Implementasi pendidikan toleransi agama SMAN 1 Ngunut kurikulum pendidikan agama, fasilitas pendidikan, sikap kepedulian antar warga sekolah. (3) Faktor pendukung pendidikan toleransi yang utama adalah keberagaman yang ada di SMAN 1 Ngunut, kebijakan kebebasan untuk beribadah , perhatian tenaga pendidik untuk peserta didik. Faktor penghambat pendidikan toleransi agama di SMAN 1 Ngunut adalah peserta didik itu sendiri, ketidak pastian jumlah peserta didik non Muslim setiap tahunnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133037 ANISWATUL MEILIZA ANGGRAINI
Date Deposited: 28 Dec 2017 06:19
Last Modified: 28 Dec 2017 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7037

Actions (login required)

View Item View Item