KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII-A DALAM MENYELESAIKAN SOAL FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI MTs ASSAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

DIANA ISTIQLALIAH, 2814133040 (2017) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII-A DALAM MENYELESAIKAN SOAL FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI MTs ASSAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (444kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII-A dalam Menyelesaikan Soal Faktorisasi Suku Aljabar di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” ditulis oleh Diana Istiqlaliah, NIM. 2814133040, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Siswa. Penelitian skripsi ini di latarbelakangi oleh hasil belajar Matematika yang ditunukkan siswa kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Peneliti mencoba untuk mengetes kemampuan koneksi matematis siswa. Karena koneksi matematis yang baik akan membuat siswa dapat menghubungkan konsep matematika dengan konsep lainnya, konsep matematika dengan bidang ilmu lainnya, dan dengan kehidupannya sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII-A dengan prestasi belajar matematika tinggi di kelas dalam menyelesaikan soal faktorisasi suku aljabar di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017?; (2) Bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII-A dengan prestasi yang baik pada saat kuis dalam menyelesaikan soal faktorisasi suku aljabar di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017?; dan (3) Bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII-A sebagai peserta kompetisi tingkat kabupaten dalam menyelesaikan soal faktorisasi suku aljabar di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII-A dengan prestasi belajar matematika tinggi di kelas dalam menyelesaikan soal faktorisasi suku aljabar di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017; (2) Mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII-A dengan prestasi yang baik pada saat kuis dalam menyelesaikan soal faktorisasi suku aljabar di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017; dan (3) Mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII-A sebagai peserta kompetisi tingkat kabupaten dalam menyelesaikan soal faktorisasi suku aljabar di MTs Assafi’iyah Gondang Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Penelitian Studi Kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII-A MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara, dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang kemampuan koneksi matematis dan respon siswa. Hasil penelitian koneksi matematis siswa kelas VIII-A pada MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung terbagi dalam tiga fokus penelitian sebagaimana berikut: (1) Kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII-A MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung dengan prestasi belajar matematika yang tinggi dalam mengerjakan soal faktorasasi suku aljabar adalah masih lemah dalam menghubungkan matematika dengan bidang lain dan hubungan matematika dengan kehidupan sehari-hari, utamanya dalam hal memahami, menerapkan, menganalisis, menyimpulkan, dan menemukan hubungan matematika dengan bidang ilmu lain dan dengan kehidupan sehari-hari. (2) Kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII-A MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung dengan prestasi yang baik pada saat kuis dalam mengerjakan soal faktorasasi suku aljabar adalah masih lemah. Hal ini ditunjukkan pada saat subjek menghubungkan antar konsep matematika, subjek belum mampu menganalisis, menyimpulkan, dan menemukan hubungan dari konsep-konsep matematika. Pada saat menghubungkan matematika dengan bidang lain, subjek juga terlihat mengalami kesulitan, utamanya dalam hal memahami hubungan matematika dengan bidang ilmu lain. Saat subjek dimintai untuk mencari hubungan matematika dengan kehidupan sehari-hari, subjek masih belum mampu untuk mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, menyimpulkan, dan menemukan hubungan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari. (3) Kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII-A MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung sebagai peserta lomba tingkat kabupaten dalam mengerjakan soal faktorasasi suku aljabar adalah masih lemah. Hal ini ditunjukkan pada saat subjek menghubungkan antar konsep matematika, subjek belum mampu menganalisis dan menyimpulkan hubungan dari konsep-konsep matematika. Pada saat menghubungkan matematika dengan bidang lain, subjek juga terlihat mengalami kesulitan, utamanya dalam hal memahami hubungan matematika dengan bidang ilmu lain. Saat subjek dimintai untuk mencari hubungan matematika dengan kehidupan sehari-hari, subjek masih belum mampu untuk mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, menyimpulkan, dan menemukan hubungan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133040 DIANA ISTIQLALIAH
Date Deposited: 29 Dec 2017 03:32
Last Modified: 29 Dec 2017 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7059

Actions (login required)

View Item View Item