SITI FATKUN NI’MAH, 2814133221 (2017) SCAFFOLDING PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII ALI BIN ABI THALIB MTsN PUCANGLABAN TULUNGAGUNG TAHUN 2016/2017. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (473kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (394kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Siti Fatkun Ni’mah, 2814133221, 2017, “Scaffolding Pada Pemecahan Masalah Matematika Materi Persamaan Linier Satu Variabel di Kelas VII Ali Bin Abi Thalib MTsN Pucanglaban Tulungagung Tahun 2016/2017, Skripsi, Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Scaffolding ,Kesulitan belajar, Persamaan Linier Satu Variabel Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah–masalah yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Dimana masalah-masalah tersebut dapat menghambat keberhasilan siswa dalam proses belajar. Oleh karena itu, peneliti mengambil langkah scaffolding untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linier satu variabel tersebut. Tujuan penelitian ini adalah : 1.) Untuk mengetahui jenis kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan linier satu variabel di kelas VII MTsN Pucanglaban. 2.) Untuk mendeskripsikan proses scaffolding siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan linier satu variabel di kelas VII MTsN Pucanglaban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan berdasarkan teknik pembahasannya termasuk dalam penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Tes, 3) Wawancara mendalam, dan 4) Catatan lapangan serta 5) Dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi persamaan linier satu variabel adalah: a) dalam memahami soal, b) dalam membuat model matematika, c) dalam mengoperasikan, dan d) dalam menarik kesimpulan. 2) Pemberian scaffolding yang sesuai untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang siswa hadapi, adalah sebagai berikut: a) untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami soal, scaffolding yang sesuai adalah explaining, reviewing, dan restructuring. b) untuk mengatasi kesulitan siswa dalam membuat model matematika, scaffolding yang sesuai adalah reviewing, dan restructuring. c) untuk mengatasi kesulitan dalam mengoperasikan, scaffodling yang sesuai adalah restructuring. d) untuk mengatasi kesulitan dalam menarik kesimpulan, scaffolding yang sesuai adalah developing conceptual thinking.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133221 SITI FATKUN NI’MAH |
Date Deposited: | 04 Jan 2018 02:47 |
Last Modified: | 04 Jan 2018 02:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7068 |
Actions (login required)
View Item |