Pengaruh Strategi Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Garis dan Sudut Siswa Kelas VII di MTsN Langkapan Srengat Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2013/2014

Hadi, Muhammad Fathan (2014) Pengaruh Strategi Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Garis dan Sudut Siswa Kelas VII di MTsN Langkapan Srengat Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL LANJUT.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (65kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Strategi Peta Konsep, Pemahaman Konsep, Garis dan Sudut Hasil belajar merupakan suatu tingkah laku sebab akibat dimana peserta didik akan mengalami perubahan tingkah laku yang cenderung menetap serta kemampuan peserta didik dapat terlihat. Sehingga untuk mengubah tingkah laku peserta didik ke arah yang lebih baik dalam kegiatan pembelajaran memerlukan sebuah strategi baru yang memberikan warna dan suasana yang baru. Dalam penelitian ini peneliti menerapakan salah satu strategi pembelajaran yaitu strategi peta konsep. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh strategi peta konsep terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTs Negeri Langkapan Kabupaten Blitar tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Langkapan tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A (kelas eksperimen) dan VII C (kelas kontrol). Dalam penelitian ini juga digunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan interview (wawancara). Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTsN Langkapan tahun ajaran 2013/2014. Seanjutnya untuk pengujian hipotesis menggunakan t-test. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara strategi pembelajaran peta konsep terhadap pemahaman konsep garis dan sudut siswa kelas VII semester genap di MTs Negeri Langkapan Kabupaten Blitar tahun ajaran 2013/2014. Hasil hitung, baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% dari nilai-nilai tt ini dapat kita tuliskan sebagai berikut: tt (5% =2,000) < 4,968> tt (1% = 2,660), tenyata t-test lebih besar dari pada t-tabel. Dengan demikian, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis uji beda ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi peta konsep terhadap hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut siswa kelas VII di MTsN Langkapan Srengat Kabupaten Blitar tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Oct 2014 04:46
Last Modified: 08 Oct 2014 04:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item