STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA DI MTS AL - HUDA BANDUNG

HENDIK FERDIANTO, 2811133101 (2018) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA DI MTS AL - HUDA BANDUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (971kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Siswa Di MTS Al - Huda Bandung” ini ditulis oleh Hendik Ferdianto, NIM. 2811133101, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Muwahid Shulhan. Kata Kunci : Guru Al-Qur’an Hadits, Kemampuan Membaca Al- Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam yang dihadapkan pada zaman modern diantaranya adalah maraknya berbagai macam teknologi yang semakin canggih, secara tidak langsung hal itu dapat mempengaruhi pertumbuhan peserta didik dalam belajar khususnya dalam membaca Al-Qur’an. Di MTs Al-Huda Bandung terdapat siswa yang masih kurang mampu dalam membaca Al-Qur’an, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor baik intern maupun ekstern. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi guru Al-Qur’an Hadits yang memberikan dorongan penuh kepada siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru Al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan makharijul huruf siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTs Al Huda Bandung? (2)Bagaimana strategi guru Al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan kefasihan siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTs Al Huda Bandung? Adapun tujuan penelitian adalah:(1) Untuk mendeskripsikan strategi guru Al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan makharijul huruf siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTs Al Huda Bandung. (2)Untuk mendeskripsikan strategi guru Al-Qur’an hadits dalam meningkatkan kemampuan kefasihan siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTs Al Huda Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, sedangkan dalam analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber dan teknik, serta mengadakan member check. Hasil penelitian: (1) Strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan makharijul huruf siswa dalam membaca Al-Qur’an yaitu dengan cara diadakan pembiasaan membaca Al-Qur’an setiap pagi hari yang didampingi oleh guru kelas masing-masing, dan diadakan jam ekstra membaca Al-Qur’an setiap hari Sabtu dan mendatangkan guru ahli membaca Al-Qur’an. (2) Strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan kefasihan siswa dalam membaca Al Qur’an yaitu dengan cara ketika pembelajaran Al-Qur’an guru membacakan terlebih dahulu kemudian ditirukan oleh semua murid secara berulang-ulang sampai fasih atau baiasa disebut dengan menggunakan metode klasik dan memantau kemampuan murid-murid secara terus menerus.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133101 HENDIK FERDIANTO
Date Deposited: 29 Jan 2018 06:24
Last Modified: 29 Jan 2018 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7187

Actions (login required)

View Item View Item