ARISKA HIDAYATUL MUFIDAH, 1724143042 (2018) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS XI TSM DI SMK SIANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (680kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (740kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (145kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Konseptual Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Siang Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Ariska Hidayatul Mufidah, NIM 1724143042, pembimbing Sutopo, M. Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konseptual, Trigonometri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa yang mengalami kesulitas dalam belajar materi trigonometri. Mereka menganggap bahwa materi trigonometri tidak berkaitan dengan materi sebelumnya yaitu teorema Phytagoras. Terelbih lagi siswa harus menghafalkan dam memahami lebih dari satu rumus, sehingga siswa merasa kesulitan ketika dihadapkan dengan soal yang lebih rumit. Permasalahan ini berhubungan pemahaman konseptual siswa, dimana pemahaman konsep diperlukan siswa untuk memahami materi yang ada hubungannya dengan konsep tersebut. Penlitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan pemahaman konseptual siswa berkemampuan tinggi dalam memahami materi trigonometri di kelas XI TSM SMK Siang Tulungagung, (2) Mendiskripsikan pemahaman konseptual siswa berkemampuan rendah dalam memahami materi trigonometri di kelas XI TSM SMK Siang Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tes tertulis diikuti oleh 18 siswa kelas XI TSM dengan 2 butir soal, yang kemudian dipilih 4 siswa menjadi subyek penelitian yang mewakili siswa berkemampuan tinggi dan kemampuan rendah dimana observasi dan dokumentasi digunakan sebagai data penunjang. Tempat penelitian ini di laksanakan di SMK Siang Tulungagung. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman Konseptual dengan Kemampuan Kognitif tinggi mampu memenuhi empat indikator, yakni mampu menyatakan ulang sebuah konsep, mampu memberikan contoh dan non contoh, mampu mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup, serta mampu menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu. (2) Pemahaman Konseptual dengan Kemampuan Kognitif Rendah belum mampu memenuhi keempat indikator, yakni belum mampu menyatakan ulang sebuah konsep, belum mampu memberikan contoh dan non contoh, belum mampu mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup, serta belum mampu menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143042 ARISKA HIDAYATUL MUFIDAH |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 03:20 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 03:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7691 |
Actions (login required)
View Item |