Himami, Rofi’atul (2012) Pengaruh Interaksi Edukatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
Text
BAB I-V.docx Download (280kB) |
|
Text
Halaman Depan.docx Download (85kB) |
Abstract
Kata kunci: Interaksi Edukatif, Prestasi Belajar Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kondisi interaksi edukatif siswa dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat yang kurang kondusif dalam proses belajar mengajar matematika. Dalam hal ini penulis akan menghubungkannya dengan prestasi belajar yang diperoleh siswa di sekolah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana deskripsi pengaruh interaksi edukatif dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakatterhadap prestasi belajar matematika siswa materi bangun ruang sisi datar kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 201111/2012? (2) Adakah pengaruh antara interaksi edukatif dalam lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa materi bangun ruang sisi datar kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 201111/2012? (3) Adakah pengaruh antara interaksi edukatif dalam lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar matematika siswa materi bangun ruang sisi datar kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 201111/2012? (4) Adakah pengaruh antara interaksi edukatif dalam lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar matematika siswa materi bangun ruang sisi datar kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 201111/2012? (5) Adakah pengaruh antara interaksi edukatif dalam ketiga lingkungan (keluarga, sekolah dan masyarakat) terhadap prestasi belajar matematika siswa materi bangun ruang sisi datar kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 201111/2012? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui deskripsi pengaruh interaksi edukatif dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakatterhadap prestasi belajar matematika siswa materi bangun ruang sisi datar kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 201111/2012 (2) Untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh interaksi edukatif dalam lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergumpol Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012 (3) Untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh interaksi edukatif dalam lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergumpol Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012; (4) Untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh interaksi edukatif dalam lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergumpol Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012 (5) Untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh interaksi edukatif dalam ketiga lingkungan (keluarga, sekolah dan masyarakat) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergumpol Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi angket, tes dan dokumentasi.Angket digunakan untuk memperoleh data tentang tingkat interaksi edukatif dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012.Sedangkan metode tes untuk mendapatkan data skor prestasi belajar siswa, dan metode dokumentasi digunakan untuk mengambil data tentang populasi, sampel, sarana dan pasarana pendidikan di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergmpol Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa UTD SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012 yang bejumlah 698 siswa.Teknik pngambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling untuk sampel penelitian yang berjumlah 30 siswa dari seluruh siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012.. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, data yang didapat kemudian dianalisis dengan rumus uji statistik deskriptif dan rumus analisis regresi linear sederhana dengan taraf signifikasi 5% serta menggunakan rumus korelasi product moment untuk melihat seberapa besar pengaruh Interaksi Edukatif dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Sedangkan untuk analisis Interaksi Edukatif dalam ketiga lingkungan (keluarga, sekolah dan masyarakat) secara bersama- sama digunakan rumus analisis regresi linear berganda 3 prediktor dengan taraf signifikasi 5%. Setelah data dianalisis akhirnya dapat disimpulkan bahwa interaksi edukatif dalam lingkungan keluarga siswa berada dalam kategori sedang dann juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 32%, hal ini terbukti bahwa F empirik (13,3) > F teoritik (4,20), dan interaksi edukatif dalam lingkungan sekolah siswa juga berada dalam kategori sedang, tetapi memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 0,07% hal ini terbukti bahwa F empirik (0,036) < F teoritik (4,20),serta Interaksi edukatif dalam lingkungan masyarakat siswa berada dalam kategori sedang, dan juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 15%, hal ini terbukti bahwa F empirik (4,85) > F teoritik (4,20), sedangkan Interaksi edukatif dalam ketiga lingkungan (keluarga, sekolah dan masyarakat) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 53%, hal ini terbukti bahwa F empirik (9,68) > F teoritik (2,98).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jan 2015 06:15 |
Last Modified: | 26 Jan 2015 06:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/805 |
Actions (login required)
View Item |