M. FIKRI HUDIYA, 1721143219 (2018) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PADA SISWA SMP NEGERI 2 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (492kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penggunaan Metode Pembelajaran pada Siswa SMP Negeri 2 Srengat Blitar”, ini ditulis oleh M. Fikri Hudiya, NIM. 1721143219, Pembimbing Dr. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Metode Pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembelajaran PAI bagi peserta didik nantinya, sehingga dalam penyampaian materi pembelajaran harus bisa diterima oleh peserta didik. Metode pembelajaran memiliki pengaruh yang besar dalam peoses pembelajaran. Jika pemilihan metode pembelajaran tidak sesuai dengan kondisi saat itu, maka pembelajaran tidak akan bisa memberikan hasil yang baik. Selain itu penggunaan metode pembelajaran yang monoton akan cenderung membosankan bagi peserta didik. Untuk itu penting bagi guru PAI untuk memiliki kreativitas dalam penggunaan metode pembelajaran. Dalam hal ini peneliti akan melihat kreativitas guru PAI dalam penggunaan metode pembelajaran di SMP Negeri 2 Srengat Blitar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kondisi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang ada di SMP Negeri 2 Srengat Blitar? (2) Bagaimana metode yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Srengat Blitar? (3) Bagaimana implikasi dari penggunaan metode pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Srengat Blitar? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Kondisi pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Srengat Blitar cukup baik dengan 85% peserta didik telah mencapai KKM, pihak sekolah dan peserta didik mengerti akan pentingnya pembelajaran PAI. (2) Metode pembelajaran yang digunakan di antaranya metode ceramah, tanya jawab, penugasan, make and match, dan hafalan. Metode lain yang pernah digunakan yaitu problem solving, market place, demonstrasi, kisah. Kriteria pemilihan metode pembelajaran meliputi: materi yang akan disampaikan, waktu, kelengkapan/kesediaan dari sarana dan prasarana yang mendukung, karakter mayoritas siswa, dan kemampuan guru untuk menggunakan metode pembelajaran. Kreativitas guru dalam menggunakan metode diantaranya: (a) menggunakan spidol warna untuk menarik perhatian, (b) memanfaatkan media LCD Proyektor, (c) mengaitkan materi ajar dengan kehidupan peserta didik, (d) menggunakan tanya jawab untuk mengkondusifkan kelas, (e) menggunakan lelucon untuk menghilangkan ketegangan suasana belajar. (3) Implikasi dari Penggunaan Metode Pada pembelajaran PAI yaitu: peserta didik mudah dalam menerima dan memahami materi ajar, memperoleh nilai yang baik, dan mempermudah guru dalam menerangkan atau menyampaikan materi ajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143219 M. FIKRI HUDIYA |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 04:23 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 04:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8074 |
Actions (login required)
View Item |