AULIA HAJARWATI MUFIDA, 2811123059 (2018) PEMBINAAN AKHLAK MAHMUDAH ANAK PANTI ASUHAN HIKMATUL HAYAT SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (788kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (549kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Aulia Hajarwati Mufida, NIM : 2811123180. 2016. Pembinaan Akhlak Mahmudah Anak Panti Asuhan Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh Dr. Sokip, M. Pd. I, NIP. 19710420 2000 31004. Kata kunci: Pembinaan, Akhlak Mahmudah Panti asuhan ini memiliki lembaga formal dan non formal. Di dalam Panti Asuhan menyediakan berbagai macam akses pendidikan bagi anak asuhnya, seperti pembinaan berakhlakul mahmudah, ibadah sholat berjama’ah, Tahfidzul Quran, Sorogan dan lain sebagainya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pembinaan akhlak mahmudah anak panti asuhan Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung, (2) Bagaimana metode pembinaan akhlak mahmudah anak panti asuhan Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung, (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak mahmudah anak panti asuhan Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui pembinaan akhlak mahmudah anak panti asuhan Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung, (2) Untuk mengetahui metode pembinaan akhlak mahmudah anak panti asuhan Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak mahmudah anak panti asuhan Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni person, place, paper. Person meliputi ketua panti asuhan, pengasuh, pengurus, guru dan anak asuh. Place meliputi ruang asrama putri dan putra, ruang belajar, dapur, rumah pengasuh, masjid Hikmatul Hayat, kantor panti, aula, tempat bermain, halaman panti, dan beberapa lembaga pendidikan yang berada di area yang sama dengan panti. Paper meliputi struktur organisasi, data jumlah anak asuh, program kegiatan, jadwal kegiatan, dan tata tertib. Data-data tersebut diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui Triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Triangulasi meliputi triangulasi sumber, tehnik dan waktu. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) pembinaan akhlak mahmudah anak panti asuhan Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung adalah dalam mendidik anak menggunakan kegiatan-kegiatan yang dikelola seperti pondok pesantren. Semua kegiatan telah dijadwalkan dan terorganisir (2) Metode pembinaan akhlak mahmudah anak panti asuhan Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung adalah metode yang dapat digunakan untuk membina anak agar memiliki akhlak mahmudah. Adapun beberapa metode yaitu metode teladan, metode nasehat, metode kisah, metode pembiasaan dan metode reward and punishment. (3) Faktor yang mendukung pembinaan akhlak mahmudah anak asuh di Panti Asuhan Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung adalah Panti Asuhan Hikmatul Hayat dikelola ala pesantren, ada lembaga sekolah formal di Panti Asuhan Hikmatul Hayat, dalam mengasuh dan mendidik anak asuh sudah dianggap seperti anak sendiri, adanya kemauan dari diri anak itu sendiri untuk memliki sifat akhlak mahmudah, selain itu juga kesabaran dan ketangguhan dari para pengurus dan pengasuh, serta banyak donatur yang membuat pembiayaan di Panti Asuhan Hikmatul Hayat semakin baik. Dan faktor yang menghambat pembinaan akhlak mahmudah anak asuh di Panti Asuhan Hikmatul Hayat Sumbergempol Tulungagung adalah latar belakang keluarga anak asuh sebelumnya yang kurang memperhatikan perkembangan dan pendidikan anak sehingga membuat anak menjadi liar dan susah diatur dan kurangnya kesadaran dari diri anak sendiri untuk mengikuti semua peraturan dan kegiatan yang ada di Panti Asuhan Hikmatul Hayat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123059 AULIA HAJARWATI MUFIDA |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 06:40 |
Last Modified: | 28 Jun 2018 06:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8148 |
Actions (login required)
View Item |