PENGEMBANGAN TES HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Tulungagung)

MILANI DINIYATIS SHOLICHAH, 1721143237 (2018) PENGEMBANGAN TES HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (117kB)

Abstract

ABSTRAK Milani Diniyatis Sholichah, NIM: 1721143237. 2018. Pengembangan Tes Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Tulungagung). Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, MA. Kata Kunci: Pengembangan Tes Hasil Belajar, PAI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah evaluasi termasuk salah satu masalah yang banyak diperbincangkan baik oleh para ahli pendidikan, khususnya para guru yang sehari-hari terlibat langsung dalam proses pendidikan di sekolah, Dalam semua pembahasan sistem instruksional, pembahasan tentang sistem evaluasi hasil belajar menempati pusat perhatian tersendiri. Bahkan di pandang bahwa evaluasi adalah komponen yang terpenting, karena erat sekali hubungannya dengan usaha peningkatan mutu, relevansi dan efisiensi pendidikan. Dapat diketahui dari evaluasi ini guru bisa mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan. Sehingga hasil tersebut bisa menjadi tolak ukuran untuk proses pembelajaran selanjutnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; (1) bagaimana pengembangan tes melalui penyusunan tes hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Tulungagung? (2) bagaimana pengembangan tes melalui pengolahan tes hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Tulungagung? (3) bagaimana pengembangan tes melalui interpretasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk menganalisis penyusunan, pengolahan dan interpretasi tes hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Tulungagung. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, dengan jenis penelitian studi kasus, lokasi penelitiannya di SMK Negeri 2 Tulungagung, sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sekunder, metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Skripsi ini bisa dimanfaatkan bagi kepala sekolah sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Bagi guru untuk bahan pertimbangan dalam meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan tes hasil belajar yang tepat. Bagi peneliti selanjutnya untuk acuan dalam penyusunan desain penelitian lanjutan yang relevan dengan pendekatan yang variatif. Hasil penelitiannya adalah; (1) Penyusunan tes hasil belajar guru mempersiapkan dan membuat spesifikasi tes yang terdiri dari kegiatan menentukan tujuan dilaksanakan tes, menyusun kisi-kisi tes, memilih bentuk tes, dan menentukan panjang tes, baru bisa menulis soal tes. Tujuan tes sudah ditentukan dari awal, dirumuskan secara jelas dan tegas. Kemudian penyusunan kisi-kisi tes yang mengacu pada materi yang sudah disampaikan. Selanjutnya dalam pemilihan bentuk tes dan panjang soal disesuaikan dengan kebutuhan dan lama waktu ujian. Setelah menyusun spesifikasi tes, baru bisa menulis soal tes dengan memperhatikan kriteria tertentu agar soal disebut bermutu dan bisa dipertanggungjawabkan, (2) Pengolahan hasil tes diketahui dari pemberikan skor terhadap hasil ujian peserta didik dengan memperhatikan bobot soal. Kemudian mengubah skor tersebut menjadi skor standar. Apabila belum bisa memenuhi nilai standart maka guru memberikan kesempatan untuk remidi. Akhir dari pengolahan nilai tes adalah analisis soal kembali, untuk mengetahui soal mana yang perlu diperbaiki, diubah atau dibuang total. (3) Hasil ujian ditafsirkan sehingga dapat memberikan makna dalam bentuk pernyataan. Interpretasi terhadap hasil evaluasi ini didasarkan pada kriteria-kriteria tententu yang ditentukan oleh guru. Kriteria ini bersumber pada tujuan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (kompetensi inti-kompetensi dasar). Dalam menyusun kata-kata guru berpatokan pada data-data yang ada.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143237 MILANI DINIYATIS SHOLICHAH
Date Deposited: 10 Aug 2018 01:52
Last Modified: 10 Aug 2018 01:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8151

Actions (login required)

View Item View Item