ni’mah, lina khorun (2012) Peran ibu dalam menanamkan ketaatan anak usia SD kepada Alloh SWT dan Rasul-Nya. [ Skripsi ]
Text
ABTRAKSI lina PAI.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB 1-Selesai flashdisk.docx Download (145kB) |
|
Text
BAB1-6 PENUTUP.docx Download (171kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.docx Download (16kB) |
Abstract
Kata kunci:Peran ibu, anak SD(6-7 Tahun), Taat Kepada Allah SWT Dan Rasul -Nya Penelitian dalam sekripsi ini dilatar belakangi dari kesadaran penulis, betapa pentingnya peran ibu dalam mewarnai atau mempengruhi karakter dan pembentukan pribadi anak yang berlanjut sampai jejang kehidupan selanjutnya. Ibu memiliki fungsi yang sangat penting, sampai al-quran dan hadits pun mengukir tingginya kedudukan ibu. Ibu adalah gudang ilmu untuk anak-anaknya, maka ibu harus benar-benar bertanggung jawab atas amanah yang di berikan kepada Allah SWT. Kunci dari Islam adalah aqidah dan taukhid, ibadah dan akhlak yang ditanamkan ibu kepada anaknya. Tentunya dari sekian banyak materi tersebut, tidak mungkin semua dalam waktu singkat mampu dapat dipahami anak. Seiring dengan terlibatnya fase perkembangan anak meliputi (afektif, kongnitif, dan psikomotorik). Seorang ibu sebaiknya memilih atau memperhatikan pola pengasuhan yang tepat, yang bisa mendidikkan ilmu tepat sasara ke akal dan hati anak yang terealisasikan dengan psikomotorik, akhlahnya anak. Jika ada anak panda, maka lihatlah siapa ibu yang cerdas yang telah melahirkan dan mendidiknya. Ibu adalah penanam modal dan akhlak kepada anak-anaknya. Bukanlah ibu yang sukses, bukan lah ibu yang karirnya melejit diluar rumah, bukan pula ibu yang sosok lahirnya yang cantik dengan penampilan busana seksi dan mahal atau berkelas, tetapi ibu yang sukses adalah ibu yang mampu mewariskan ilmu kepada anak-anaknya menjadi generasi yang tangguh, mandiri, shaleh, dan sholehah. Menjadi anak yang paham dengan eksistensinya di dunia ini. Yaitu sebagai khalifah di muka bumi, yang bertanggung jawab atas semua yang diperbuatnya. Oleh sebab itu peneliti tetarikan untuk meneliti peran ibu dalam menanamkan ketaatan anak usia SD kepada Allah swt dan pada Rasul-Nya. Yang di ringkas dalam rumusan masalah adalah: (1) Bagaimana peran ibu membangun pola pengasuhan pada anak SD dalam menanamkan ketaatan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya? (2) Apa saja materi yang diambil dan diberikan ibu dalam menanamkan ketaatan anak SD kepada Allah SWT dan Rasul-Nya? (3) Bagaimana metode yang diterapkan ibu dalam menanamkan ketaatan anak usia SD kepada Allah SWT dan Rasul-Nya?. Skripsi ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui peran ibu membagun pola pengasuhan pada anak SD dalam menanamkan ketaatan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, (2) Untuk mengetahui materi yang diambil dan diberikan ibu dalam menanamkan ketaatan anak SD kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, (3) Untuk mengetahui metode yang diterapkan ibu dalam menanamkan ketaatan anak usia SD kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Dalam penelitian ini menggunakan pola penelitian kepustakan dilihat dari tempat melakukan penelitian, di tinjau dari cara pembahasan masalah termasuk dalam pola mengunkapkan masalah sesuai dengan fakta. Di tinjau dari segi tujuan termasuk penelitian eksploratif yaitu mengalisis secara luas tentang sebab-sebab yang mempengaruhi terjadinya sesuatu. Metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data `ayang berupa dokumen seperti buku, artikel, dan karya ilmiah yang lain adalah metode resume crad .Sedangkan teknik analisis yang dengan mengunakan berupa metode deduktif dan induktif Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan metode diatas akhirnya dapat disimpulkan bahwa anak adalah karunia sekaligus amanah dari alloh SWT kepada orang tuanya yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Anak juga generasi penerus orangtua, maka wariskanlah hal-hal yang positif kepada anak-anak, agar mereka menjadi anak yang sholeh dan sholehah, yang menyelamatkan dirinya juga orang tuanya. Pola-pola pengasuhan yang dipilih ibu untuk medampingi perkembangan anak hendaklah yang mampu menghargai potensi anak, sehingga anak mampuyai peluang berkembang sesuai potensi maksimal dalam pertumbuhannya Hidup selalu mengalami perubahan adapun banyaknya muatan materi yang di berikaan kepada anak SD (6-7 tahun), berikut materi yang di berikan anak di rumah yaitu: aqidah(rukun iman), rukun islam, dan aqlak. Sebaiknya tidak menjadikan anak dalam menerima materi sebagai beban akal dan jiwanya. Oleh sebab itu, ibu dirumah harus menciptakan iklim yang kondusif sehingga anak dalam menerima materi nantinya merespon dengan senang hati, tentunya pemilihan metode yang tepat dalam hal ini perlu diperhatikan Ibu adalah pendidikan pertama dan untuk anak.Ibu juga guru untuk anak, Ibu harus memiliki kepandaian dan ketepatan dalam memilih metode hingga tercapailah tujuannya. Metode tersebut adalah metode keteladanan(uswatun hasanah), di karenakan dalam metode ini Ibu bisa mengajarkan kepada anak untuk mengenal dan taatat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 01 Feb 2015 16:11 |
Last Modified: | 01 Feb 2015 16:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/817 |
Actions (login required)
View Item |