PENGUATAN MOTIVASI SISWI MUSLIMAH DALAM BERJILBAB [Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) I Sumbergempol Tulungagung

DESSY YEVITA SARI, 1721143104 (2018) PENGUATAN MOTIVASI SISWI MUSLIMAH DALAM BERJILBAB [Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) I Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (674kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penguatan Motivasi Siswi Muslimah dalam Berjilbab [Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) I Sumbergempol Tulungagung]” ini ditulis oleh Dessy Yevita Sari, NIM 1721143104, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag Kata Kunci: Penguatan Motivasi, Siswi Muslimah Berjilbab Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dewasa ini pemakaian jilbab sudah tidak asing lagi di kalangan wanita muslim Indonesia. Jilbab hampir digunakan oleh wanita muslim di setiap kalangan, baik wanita karir, guru maupun pelajar dari lembaga umum maupun lembaga keagamaan. Di dalam dunia pendidikan di Indonesia banyak ditemui sekolah umum yang mayoritas siswinya memakai jilbab ke sekolah. Itu sebabnya sebagai guru Pendidikan Agama Islam, peran guru perlu dilakukan untuk mengetahui dan meningkatkan motivasi berjilbab siswi agar siswi memahami makna jilbab yang sesungguhnya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana motivasi berjilbab siswi di SMP Negeri I Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menguatkan motivasi siswi muslimah dalam berjilbab di SMP Negeri I Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana faktor penghambat peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menguatkan motivasi siswi muslimah dalam berjilbab di SMP Negeri I Sumbergempol Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan motivasi berjilbab siswi di SMP N I Sumbergempol Tulungagung. (2) Mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menguatkan motivasi siswi muslimah dalam berjilbab di SMP N I Sumbergempol Tulungagung. (3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menghambat peran/usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam menguatkan motivasi siswi muslimah dalam berjilbab di SMP Negeri I Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SMP N I Sumbergempol Tulungagung. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni people, place, dan paper. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik, ketekunan pengamat dan ketekunan keikutsertaan. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian adalah: (1) Motivasi berjilbab siswi di SMP N I Sumbergempol Tulungagung adalah (a) karena kewajiban untuk menjalankan ajaran agama. (b) demi kenyamanan dan menjaga diri. (c) untuk mengontrol tingkah laku. (d) mengikuti trend mode dan nilai estetika. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menguatkan motivasi siswi muslimah dalam berjilbab di SMP N I Sumbergempol Tulungagung adalah (a) penerapan seragam panjang. (b) melalui motivasi dan nasehat. (c) melalui pembiasaan perilaku keagamaan. (d) melalui pendekatan dan komunikasi yang baik pada siswa. (e) guru Pendidikan Agama Islam menjadi tauladan yang baik untuk siswa. (3) Faktor penghambat peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menguatkan motivasi siswi muslimah dalam berjilbab di SMP N I Sumbergempol Tulungagung adalah lingkungan keluarga siswa yang kurang mendukung dan lemahnya kesadaran siswi untuk istiqomah dalam berjilbab.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143104 DESSY YEVITA SARI
Date Deposited: 10 Jul 2018 03:28
Last Modified: 10 Jul 2018 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8209

Actions (login required)

View Item View Item