KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

AIM MATULNAIMAH, 1721143034 (2018) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (30MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB)

Abstract

ABSTRAK Aim Matulnaimah, NIM. 1721143034. “Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen pembimbing Hj. Indah Khomsiyah, M.Pd. Kata kunci: Kreativitas guru, Pembelajaran Aqidah Akhlak Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh minat belajar Aqidah Akhlak siswa yang masih rendah, sehingga guru Aqidah Akhlak harus berinovasi mengembangkan kreativitasnya agar siswa tertarik untuk belajar Aqidah Akhlak. Oleh karenanya dibutuhkan kreativitas guru dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam penggunaan media pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam penggunaan metode pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam penggunaan media dan metode pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018? Skripsi ini bermanfaat bagi Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung, dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa digunakan sebagai pustaka bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji tentang kreativitas guru dalam pembelajaran. Bagi peneliti sebagai bahan latihan dalam penulisan ilmiah sekaligus memberikan tambahan khazanah pemikiran konsep pendidikan Islam. Bagi lembaga MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung diharapkan berguna sebagai bahan masukan untuk meningkatkan kreativitas guru agar minat belajar siswa semakin meningkat. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan hasil penelitian dapat dijadikan tambahan referensi dan dapat melakukan penelitian yang lebih sempurna mengenai kreativitas guru dalam pembelajaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipan, wawancara mendalam serta dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualtatif yaitu data yang dikumpulkan oleh peneliti berupa kata - kata, gambar dan bukan angka, yang nantinya hasil penelitian berupa kutipan - kutipan data yang berasal dari observasi, naskah wawancara, catatan lapangan, foto, dan dokumen lainnya untuk memberikan gambaran penyajian laporan tersebut. Hasil penelitian : (1) Kreativitas guru dalam penggunaan media pada pembelajaran Aqidah Akhlak yaitu dengan menggunakan media video, gambar, free wifi, dan menggabungkan dari berbagai sumber belajar, seperti buku paket, LKS (lembar kerja siswa), serta buku-buku penunjang lainnya. Android yang dibawa oleh siswa juga dimanfaatkan dalam proses kegiatan belajar mengajar untuk mencari materi sebagai contoh atau penguat. Penggunaan media disesuaikan dengan materi pembelajaran dan karakter siswanya. (2) Kreativitas guru dalam penggunaan metode pada pembelajaran Aqidah Akhlak yaitu guru tidak hanya menggunakan satu metode pembelajaran saja dalam satu kali pertemuan, namun menggunakan beberapa metode. Metode pembelajaran yang sering kali digunakan yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode kisah, metode suri tauladan, dan metode hafalan. Pemilihan metode pembelajaran yang akan diterapkan mengacu pada materi yang akan disampaikan dan sesuai dengan karakter siswanya, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. (3) Faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam penggunaan media dan metode pada pembelajaran Aqidah Akhlak antara lain: (a) faktor pendukung meliputi kemampuan guru dalam berkreativitas dan semangat belajar siswa yang tinggi, (b) faktor penghambat meliputi kurangnya kemampuan guru dalam berkreativitas serta suasana kelas yang gaduh karena siswa ramai sendiri, hal ini guru harus pandai-pandai mengendalikan kelas agar kondusif kembali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143034 AIM MATULNAIMAH
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:16
Last Modified: 16 Jul 2018 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8341

Actions (login required)

View Item View Item