IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK TINGKAH LAKU SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-MA’ARIF UDANAWU BLITAR

BINTI YUSFI TAMINNADHA, 1721143093 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK TINGKAH LAKU SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Tingkah Laku Santri di Pondok Pesantren Putri Al- Ma’ari f Udanawu Blitar” ditulis oleh Binti Yusfi Taminnadha, NIM: 1721143093, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh: Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Tingkah Laku Konteks dari penelitian ini adalah adanya degradasi jati diri, krisis karakter, menurunnya martabat bangsa, dan dekadensi moral yang sedang melanda bangsa Indonesia. Hal ini merupakan akibat dari gagalnya pendidikan yang diterapkan. Pesantren (Pondok Pesantren Al-Ma’arif) merupakan lembaga keagamaan yang tepat untuk menyelamatkan generasi muda dari dekadensi moral tersebut. Karena pesantren memiliki karakteristik yang khas yaitu sarat nilai dan tradisi yang luhur untuk menyikapi globalisasi secara kritis dan bijak. Sehingga melalui pendidikan karakter di pesantren aspek afektif dan psikomotorik dapat terwujud. Fokus penelitian yang ada pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam membentuk tingkah laku santri di Pondok Pesantren Putri Al-Ma’arif Udanawu Blitar?; 2)Bagaimana pelaksanaan tradisi pesantren dalam membentuk tingkah laku santri di Pondok Pesantren Putri AlMa’arif Udanawu Blitar?; 3) Bagaimana implikasi pendidikan karakter dalam membentuk tingkah laku santri di Pondok Pesantren Putri Al-Ma’arif Udanawu Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi metode), dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini: 1) Pembentukan karakter santri melalui pembelajaran dilaksanakan melalui proses pembelajaran kitab-kitab klasik yang kurikulumnya disesuaikan dengan keadaan santri. Nilai yang dikembangkan dalam pembentukan karakter santri berupa religius, jujur, sopan santun, dan ta’dzim termuat dalam kitab fiqih, akhlak, dan hadits. Selain itu pelajaran yang diutamakan adalah tajwid dan fiqih. Dalam proses pembelajaran digunakan variasi metode yang meliputi metode bandongan, sorogan, qishah, amtsal, teladan, mau’idzah, dan presentasi. 2) Pembentukan karakter santri melalui tradisi pesantren yaitu santri dibiasakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang ada di pesantren, yang mana tiap kegiatan tersebut mengandung nilai-nilai pendidikan karakter berupa kesederhanaan, keikhlasan, ukhuwah Islamiyah, disiplin, dan mandiri. Kegiatankegiatan tersebut dikelompokkan menjadi dua, yakni kegiatan wajib yang meliputi pendisiplinan sholat berjama’ah, sorogan Al-Qur’an, rutinan membaca surahsurah pilihan, madrasah diniyah, piket harian, ro’an (kerja bakti), bimbingan belajar dan belajar mandiri. Serta kegiatan tambahan berupa jam’iyyah, keterampilan, takziran, dan kegiatan insidental. 3) Implikasi pendidikan karakter dalam membentuk tingkah laku santri yaitu terbentuknya karakter santri yang karimah yang tercermin dalam tingkah laku keseharian santri, seperti religius, jujur, disiplin, kreatif, mandiri, ukhuwah Islamiyah, peduli lingkungan, tanggung jawab, keikhlasan, kesederhanaan, sopan santun, dan ta’dzim.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143093 BINTI YUSFI TAMINNADHA
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:28
Last Modified: 03 Aug 2018 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8362

Actions (login required)

View Item View Item