Using Think Pair Share (TPS) to Improve the Descriptive writing Skill of the VII Grade Students of MTs Darussalam Aryojeding

Analia ika, Isdiyah, (2012) Using Think Pair Share (TPS) to Improve the Descriptive writing Skill of the VII Grade Students of MTs Darussalam Aryojeding. [ Skripsi ]

[img] Text
CHAPTER V.doc

Download (37kB)
[img] Text
REFERENCES.docx

Download (18kB)
[img] Text
CHAPTER IV.docx

Download (46kB)
[img] Text
CHAPTER III.docx

Download (32kB)
[img] Text
CHAPTER II.docx

Download (47kB)
[img] Text
CHAPTER II.docx

Download (47kB)
[img] Text
CHAPTER I.doc

Download (52kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRACK.docx

Download (18kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: improving, think pair share, writing skill. Menulis atau membuat karangan adalah kemampuan yang paling sulit diantara empat kemampuan yang ada dalam bahasa. Meskipun demikian, ini harus dikuasai oleh siswa SMP/MTs. Sesuai dengan wawancara dan pre-test kepada siswa sebelum masuk ke siklus penelitian, diketahui bahwa mayoritas masalah yang dihadapi adalah bagaimana memunculkan ide untuk menulis. Guru juga tidak pernah memberikan model tertentu dalam menulis karangan berbentuk descriptive karena aktivitas menulis hanya pada menulis kata kemudian kalimat atau menyampur adukkan kata dalam kalimat. Disamping itu, strategi guru tidak menarik. Untuk mengatasi itu, salah satu strategi yang digunakan dalam pengajaran writing adalah think pair share strategi. Think pair share adalah salah satu metode pembelajaran kooperatif, strategi ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam skill writing sesuai yang terdapat dalam thesis ini. Dalam penelitian ini masalahnya adalah “Dapatkah atrategi TPS mengembangkan keahlian menulis teks deskriptiv pada siswa kelas 7-A MTs Darussalam Aryojeding. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan yang didalamnya ada: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan perefleksian dari hasil pengamatan. Yang menjadi subjek disini adalah 23 murid dari kelas VII-A yang ada di MTs Darussalam Aryojeding tahun pelajaran 2011/2012. Alat alat yang digunakan untk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan hasil nilai dari murid. Kriteria sukses dalam pembelajaran ini adalah semua siswa harus mencapai nilai rata-rata 70, dan nilai siswa min 80% harus lebih dari 70. Hasil dari penelitian itu menunjukkan bahwa metode TPS berhasil membantu memberikan ide kepada murid dalam menulis karangan berbentuk descriptive. Nilai dari murid meningkat secara signifikan dari tes sebelum memasuki siklus 1 dan dari siklus satu ke siklus 2. Nilai rata-rata murid meningkat dari 56,8 pada penelitian awal, menjadi 58,7 pada siklus 1 dan mencapai 73,69 pada siklus 2. Beberapa prosedur yang dilakukan guru dikelas : 1) guru memberikan motivasi pada siswa sebelum memberikan materi, 2) guru menjelaskan tentang metode TPS, 3) guru memberikan sedikit penjelasan tentang kalimat descriptive, 4) murit-murit mendiskusikan materi yang diberikan guru, 5) murit-murit mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Sesuai dengan hasil dari penelitian ini, peneliti menghimbau guru bahasa inggris agar menggunakan metode TPS dalam pembelajaran menulis. Untuk murid, peneliti menghimbau agar mereka menulis outline sebelum menulis paragraph, khususnya dalam membangkitkan dan meningkatkan ide dalam menulis karangan berbentuk descriptive. Selain itu, peneliti menghimbau peneliti lain agar mengadakan penelitian menggunakan metode TPS untuk tipe karangan dan pada tinggkat yang berbeda, untuk membuktikan apakah metode ini efektif memecahkan masalah menulis karangan atau tidak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 02:50
Last Modified: 28 Jan 2015 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item