AZZURINA SA’ADAH, 1721143083 (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fiqih Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MTs Sultan Agung Jabalsari” ini ditulis oleh Azzurina Sa’adah, NIM 1721143083, pembimbing oleh Dr.H.Abdul Aziz, M.Pd,I Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Fiqih, Hasil Belajar Kurangnya minat siswa terhadap pelajaran fiqih merupakan salah satu masalah yang terjadi di lembaga pendidikan Pembelajaran Fiqih dalam kurikulum Madrasah Tsanawiyah yang merupakan salah satu bagian mata pelajaran yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk kemampuan mengenal, memaham, mengahayati, dan mengamalkan hukum Islam, yang kemudian menjadi dasar pandangan hidup (way of life) melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta pengalaman. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, kenyataannya pendidikan agama di sekolah dianggap kurang memberikan kontribusi ke arah tersebut. Setelah ditelusuri pendidikan agama di sekolah menghadapi kendala antara lain waktu yang disediakan hanya 2 jam pelajaran. Selain itu, guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional yang menyebabkan siswa merasa bosan dan jenuh ketika pembelajaran fiqih berlangsung. Dari beberapa permasalahan yang ada dilapangan mengakibatkan kurang antusias sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi pendekatan pembelajaran yang efektif yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Inovasi tersebut adalah dilakukan pendekatan saintifik Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar kognitif siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar afektif siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari(3)untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar psikomotorik siswa di MTs Sultan Agung Jabalsari Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari yang terdiri dari dua kelas. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yakni kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan uji T Hasil penelitian menunjukkan, (1) Ada pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar kognitif yang ditunjukkan dengan nilai taraf Sig. 0,000 < 0,05, (2) Ada pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar afektif ditunjukkan dengan nilai taraf Sig. 0,001 < 0,05, dan (3) Ada pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran fiqih terhadap hasil belajar psikomotorik yang ditunjukan dengan nilai taraf Sig. 0,003 < 0,05
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143083 AZZURINA SA’ADAH |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 01:50 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 01:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8536 |
Actions (login required)
View Item |