PEMBELAJARAN TUNTAS BACA TULIS AL-QUR’AN (TBTQ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SMP ISLAM DURENAN TRENGGALEK

TRI WAHYU NINGSIH, 1721143397 (2018) PEMBELAJARAN TUNTAS BACA TULIS AL-QUR’AN (TBTQ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI SMP ISLAM DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Pembelajaran Tuntas Baca Tulis Al-Qur’an (TBTQ) untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Tri Wahyu Ningsih, NIM 1721143397, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh: Drs. Nurul Hidayat, M.Ag Kata Kunci: Pembelajaran Tuntas Baca Tulis Al-Qur’an (TBTQ), Kemampuan membaca Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membaca AlQur’an siswa, sehingga dengan kurangnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa ini perlu adanya pembelajaran khusus mengenai pembelajaran membaca AlQur’an. Tanpa adanya pembelajaran Al-Qur’an, maka kemampuan membaca AlQur’an siswa tidak akan ada perubahan. Pembelajaran Tuntas Baca Tulis AlQur’an (TBTQ) yang diterapkan mentor diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa menjadi lebih baik. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran Tuntas Baca Tulis Al-Quran (TBTQ) menggunakan metode An-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qu’ran siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek? (2) bagaimana pembelajaran Tuntas Baca Tulis Al-Quran (TBTQ) menggnakan metode sorogan untuk memingkatkan kemampuan membaca AlQur’an siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pembelajaran Tuntas Baca Tulis Al-Quran (TBTQ) menggunakan metode An-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Tuntas Baca Tulis Al-Quran (TBTQ) menggunakan metode sorogan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa di SMP Islam Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis peneltian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data mengguanakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecean keabsahan data menggunakan triangulasi (Triangulasi sumber dan triangulasi teknik). Hasil penelitiannya adalah (1) Metode yang digunakan mentor dalam pembelajaran Tuntas Baca Tulis Al-Qur’an (TBTQ) yaitu metode An-Nahdliyah. Yakni metode yang menggunakan ketukan. Mentor senantiasa membimbing siswa dengan metode yang baik dan pas. Salah satu langkahnya dengan melakukan pengelompokan pada siswa berdasarkan kemampuannya. Mengajarkan siswa untuk membaca Al-Qur’an dengan sesuai tajwidnya, menggunakan solusi yang baik ketika terdapat hambatan seperti menasehati siswa saat melanggar peraturan. Mentor memberikan apresiasi kepada murid agar selalu termotivasi dalam belajar Al-Qur’an. (2) Metode yang digunakan mentor dalam Pembelajaran Tuntas Baca Tulis Al-Qur’an (TBTQ) yaitu metode sorogan. Dalam metode ini, siswa dan guru langsung saling berhadapan sehingga siswa lebih cepat paham dalam pembelajaran. Dan siswa lebih terkondisikan dengan langsung berhadapan dengan mentor. Mentor mengajarkan bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai tajwidnya, mentor juga memberikan solusi yang baik dengan adanya hambatan yang timbul antara lain dengan memberikan teguran kepada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143397 TRI WAHYU NINGSIH
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:51
Last Modified: 09 Aug 2018 07:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8551

Actions (login required)

View Item View Item