SITI RUSMANATUN, 1721143383 (2018) KOMPETENSI GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER .pdf Download (476kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (151kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (359kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Guru Fikih dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MTsN Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Rusmanatun, NIM. 1721143383, pembimbing Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata kunci: Kompetensi, minat belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih dijumpai guru fikih yang mengajar hanya sebagai formalitas, menyiapkan perangkat pembelajaran dengan sekadarnya. Padahal jika dilihat materi Fikih sangat beragam dan lebih bagus jika disampaikan dengan cara yang menarik pula, seperti pemanfaatan media dan penggunaan metode. Maka dari itu, guru Fikih di MTsN Ngantru Tulungagung ini benar-benar memanfaatkan kompetensinya untuk menarik minat belajar peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana kompetensi guru Fikih dalam perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di MTsN Ngantru Tulungagung? 2. Bagaimana kompetensi guru Fikih dalam pemanfaatan media untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di MTsN Ngantru Tulungagung? 3. Bagaimana kompetensi guru Fikih dalam penggunaan metode untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di MTsN Ngantru Tulungagung? Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala dan guru MTsN Ngantru Tulungagung sebagai bahan referensi untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi guru Fikih dalam merencanakan pembelajaran, memanfaatkan media dan menggunakan metode untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di MTsN Ngantru Tulungagung. Bagi peserta didik dapat membantu meningkatkan minat peserta didik agar lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran pada semua bidang mata pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata, yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama, guru menyusun perangkat dengan matang dan terstruktur, sumber materi pelajaran tidak hanya berasal dari modul, tetapi juga dari buku-buku lain dan kitab kuning. Workshop diadakan minimal 1 atau 2 kali dalam satu tahun untuk meningkatkan kompetensi guru. Kedua, guru memanfaatkan media pembelajaran dengan memerhatikan beberapa dasar pertimbangan dan strategi pemanfaatannya, sehingga peserta didik lebih antusias mengikuti pembelajaran. Ketiga, guru menggunakan metode pembelajaran seperti ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, bermain peran, dan resitasi atau penugasan dengan tetap memerhatikan beberapa dasar pertimbangan juga, sehingga peserta didik lebih memiliki minat untuk mengikuti pembelajaran Fikih.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143383 SITI RUSMANATUN |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 07:57 |
Last Modified: | 30 Jul 2018 07:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8554 |
Actions (login required)
View Item |