NUR ROSYID, 1721143319 (2018) PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (857kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (118kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (264kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung”, ini ditulis oleh Nurrosyid. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M. Pd., NIP. 197206082002121001. Kata kunci: pembelajaran, Budaya, Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karakter siswa yang berbeda-beda. Dilihat dari perkembangan zaman yang semakin modern. Banyak sikap anak yang tidak sesuai dengan norma-norma yang ada, hal ini banyak dipengaruhi oleh lingkungan sosial atau keluarga maupun lingkungan sekolah. Sehingga diperlukan mengetahui aspek-aspek yang mempengaruhi karakter anak dilingkungan sekolah seperti pengaruh pembelajaran PAI dan budaya-budaya yang ada disekolah. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaiman kondisi proses pembelajaran PAI, Budaya sekolah, dan karakter siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung? (2) Adakah pengaruh proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap karakter siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung? (3) Adakah pengaruh budaya sekolah terhadap siswa didik di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung? (4) Adakah pengaruh proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budaya sekolah terhadap karakter siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung dan sampel penelitian terdiri dari 170 siswa. Pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Variabel bebas: Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budaya Sekolah, variabel terikat: Karakter Siswa. Sumber data dari responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linieritas, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung termasuk dalam kategori cukup baik terbukti perolehan skor tingkat pertama terletak pada kelas interval 54-59 yakni sebesar 48,2 %. Sedangkan Budaya Sekolah di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung tergolong cukup baik terbukti perolehan skor tingkat pertama terletak pada kelas interval 47-51 yakni sebesar 37,6 %. Dan Karakter Siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung tergolong baik terbukti perolehan skor tingkat pertama terletak pada kelas interval 129-140 yakni sebesar 33,5 %. (2)Ada pengaruh yang signifikan anatara proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap karakter siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil penelitian yaitu nilai thitung = 3.068. Sementara itu, untuk t tabel dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai t table= 1.974. Perbandingan antara keduanya menghasilkan: thitung>ttabel (3.068> 1.974). Nilai signifikansi t untuk variabel proses pembelajaran Pendidikan Agama adalah 0,003 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,003 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha pertama diterima dan Ho ditolak. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan anatara budaya sekolah terhadap karakter siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil penelitian yaitu nilai thitung = 0,037. Sementara itu, untuk t tabel dengan taraf signifikakansi 0,05, diperoleh nilai t tabel = 1,974. Perbandingan antara keduanya menghasilkan: t hitung< ttabel (0,037< 1,974). Nilai signifikansi t untuk variabel budaya sekolah adalah 0,971 dan nilai tersebut lebih besar daripada probabilitas 0.05 (0,971 > 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha kedua ditolak dan Ho diterima. (4) Ada pengaruh yang signifikan anatara proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budaya sekolah dengan karakter siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil penelitian yaitu F hitung sebesar 16,642. Hal ini menunjukkan Fhitung (16,642) > Ftabel (3.05) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari pada probabilitas α yang ditetapkan (0,000 < 0,05). Jadi H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143319 NUR ROSYID |
Date Deposited: | 01 Aug 2018 02:31 |
Last Modified: | 01 Aug 2018 02:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8591 |
Actions (login required)
View Item |