LESTARI NINGSIH, 1721143205 (2018) KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (487kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (272kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (388kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (384kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (155kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (148kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Komunikasi Guru dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Lestari Ningsih, NIM. 1721143205. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing : Dr. Chusnul Chotimah, M. Ag. NIP. 19751211 200212 2 001 Kata kunci : Komunikasi Guru, Karakter Religius Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang sudah kepastian komunikasi sebagai sarana yang paling efektif untuk membangun kehidupan. Dengan komunikasi Intrapersonal, Intrapersonal dan Publik guru dengan siswa. MTs Darul Falah merupakan madrasah yang unggulan yang berbasis pondok pesantren, maka madrasah menerapkan pada prinsip-prinsip dan nilai-nilai pesantren di dalam seluruh aktivitasnya, salah satunya adalah penekanan akhlaqul karimah dan pembiasaan ibadah yaumiyah. Komunikasi siswa dengan guru sangat baik dan begitu pula dengan karakter religius peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana Komunikasi Interpersonal Guru dengan Murid dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung ? 2. Bagaimana Komunikasi Intrepersonal Guru dengan Murid dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung ? 3. Bagaimana Komunikasi Publik Guru dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriftif adalah data yang yang diperoleh berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diintreprestasikan. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama, Komunikasi Interpersonal Guru dengan Murid dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTs Darul Falah Bendiljat Kulon Sumbergempol Tulungagung dengan menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal dalam membentuk Karakter Religius Siswa, dengan pendekatan Humanistik yakni saling terbuka, empati, mendukung, perasaan positif, dan kesetaraan. Kedua, Komunikasi Intrapersonal Guru dengan Murid dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTs Darul Falah Bendiljat Kulon Sumbergempol Tulungagung dengan menekankan pada: keyakinan pribadi guru, olah pikiran pribadi guru, emosional pribadi guru, kekurangan pribadi kesadaran pribadi guru, pengontrol pribadi guru dan motivasi pribadi guru. Ketiga, Komunikasi Publik Guru dalam membentuk Karakter religius siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dengan menggunakan Komunikasi Verbal dan Nonverbal dengan pendekatan Pragmatis yakni, dengan keberanian, penggabungan, pandai berinteraksi, berekspresi, dan umpan balik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143205 LESTARI NINGSIH |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 06:32 |
Last Modified: | 06 Aug 2018 06:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8678 |
Actions (login required)
View Item |