AFTA FADIANA, 1724143005 (2018) TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIAKAN MASALAH DERET ARITMATIKA KELAS IX DI MTs NEGERI NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (510kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Deret Aritmatika Kelas IX di MTs Negeri Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Afta Fadiana NIM. 1724143005, Progam Study Pendidikan Matematika, Jurusan Tarbiyah, IAIN Tulungagung, pembimbing: Sutopo, M.Pd. Kata kunci : Tingkat Berpikir Kreatif, deret aritmatika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan suatu soal matematika pada materi deret aritmatika yang kurang diperhatikan oleh guru sehingga kurang mampu berkembang. Anggapan tentang matematika itu sulit dan membuat pusing semakin menyulitkan siswa untuk mengembangkan tingkat berpikir kreatif nya. Selain itu berpikir kreatif juga merupakan sebuah nikmat Allah. Dengan penelitian ini, diharapkan akan menjadi motivasi siswa serta menjadi perahatian guru untuk mencari solusi untuk mengembangkan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah deret aritmatika kelas IX di MTs N Ngantru Tulungangung, 2) Mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa yang berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah deret aritmatika kelas IX di MTs N Ngantru Tulungangung, 3) Mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah deret aritmatika kelas IX di MTs N Ngantru Tulungangung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara untuk menggali data. Tes tetulis diikuti oleh 6 siswa yang mewakili siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah kelas IX MTs N Ngantru Tulungagung dengan 2 butir soal, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan sebagai data penunjang. Tempat penelitian ini di laksanakan di MTs N Ngantru Tulungagung. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan data menunjukan bahwa: (1) Kemampuan tingkat berpikir kreatif siswa berkemampuan matematika tinggi dalam memahami materi deret aritmatika termasuk tingkat 4 (sangat kreatif) dan mampu memenuhi tiga indikator (kefasihan, kebaruan, fleksibilyti). (2) Kemampuan tingkat berpikir kreatif siswa yang berkemampuan matematika sedang dalam memahami materi deret aritmatika dalam tingkat 3 (kreatif), siswa yang tingkat berpikir kreatif berkemampuan matematika sedang hanya memenuhu dua indikator saja, yaitu kefasihan dan kebaruan. (3) Kemampuan tingkat berpikir kreatif siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam memahami materi deret aritmatika dalam tingkat 1(kurang kreatif), karena hanya mampu memenuhi satu indikator tingkat berpikir kreatif siswa yaitu fasih, dimana siswa tidak mampu menyelesaikan soal dengan fleksibility dan kebaruan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143005 AFTA FADIANA |
Date Deposited: | 03 Aug 2018 07:16 |
Last Modified: | 03 Aug 2018 07:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8697 |
Actions (login required)
View Item |