STRATEGI PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD NEGERI 1 WONOANTI KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK

SAVITRI WIDYANINGSIH, 1725143266 (2018) STRATEGI PENERAPAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD NEGERI 1 WONOANTI KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Penerapan Kompetensi Pedagogik Guru SD Negeri I Wonoanti Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Savitri Widyaningsih, NIM. 1725143266, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Guru Guru diharapkan memiliki kompetensi dalam memajukan pendidikan. Penelitian ini membahas terkait salah satu kompetensi yaitu pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan mengelola pembelajaran siswa yang meliputi pemahaman terhadap siswa, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dalam melaksanakan pengajaran guru tidak boleh melupakan berbagai aspek dalam mengajar anak-anak. Sehingga diperlukannya memiliki kompetensi pedagogik yang baik sehingga dapat menyusun rancangan pembelajaran dan melaksanakannya. Guru diharapkan dapat memahami landasan pendidikan, mampu menerapkan teori belajar, dapat menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik siswa, dan mampu menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang tepat. Dalam hal ini peneliti menggali penerapan kompetensi pedagogik di SD Negeri I Wonoanti. Fokus penelitian ini dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana model perencanaan kompetensi pedagogik guru SD Negeri 1 Wonoanti Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek?, (2) Bagaimana penerapan kompetensi pedagogik guru SD Negeri 1 Wonoanti Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek?, dan (3) Bagaimana hasil kompetensi pedagogik guru SD Negeri 1 Wonoanti Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan model perencanaan kompetensi pedagogik guru SD Negeri 1 Wonoanti Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek, mendeskripsikan penerapan kompetensi pedagogik guru SD Negeri 1 Wonoanti Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek dan mendeskripsikan hasil kompetensi pedagogik guru SD Negeri 1 Wonoanti Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Ketiga teknik tersebut digunakan untuk menggali data tentang model penerapan kompetensi pedagogik, penerapan kompetensi pedagogik, dan hasil penerapan kompetensi pedagogik. Dokumentasi juga digunakan untuk mendapatkan informasi terkait profil sekolah. Teknik analisis data melalui tiga komponen yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing / verification. Uji keabsahan data pada penelitian ini direncanakan uji kredibilitas data dalam bentuk perpanjangan pengamatan, dan triangulasi, dan uji confirmability (obyektivitas). Tahap-tahap penelitian meliputi tahap persiapan penelitian, tahap mengadakan studi penelitian dan tahap pengumpulan data Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah ini berupaya menerapkan kompetensi pedagogik sebagai mana seharusnya sesuai dengan ketentuan dan kurikulum yanga ada. Dalam model penerapan kompetensi pedagogik terdapat berbagai strategi yang dilaksanakan kepala sekolah bersama guru di SD Negeri I Wonoanti yaitu diikutkan dalam pelatihan dan pembinaan, supervisi, diskusi dengan sesama guru, penambahan jam pelajaran, kedisiplinan, motivasi, dan gugus sekolah. Penerapan kompetensi pedagogik dapat dilihat dari pemahaman wawasan atau landasan kependidikan (kemampuan mengelola pembelajaran), pemahaman terhadap siswa, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan siswa. Hasil penerapan kompetensi pedagogik dapat dilihat dari prestasi peserta didik serta antusia dan keaktifan peserta didik dalam keseharian di Sekolah. Dalam penerapan kompetensi pedagogik menemui berbagai faktor baik faktor pendukung maupun faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi faktor guru, dukungan dari kepala sekolah, faktor sarana dan prasarana, murid atau peserta didik, wali murid dan faktor masyarakat dan lingkungan. Faktor penghambat meliputi faktor personal, faktor ekonomis dan faktor wali murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143266 SAVITRI WIDYANINGSIH
Date Deposited: 18 Sep 2018 01:38
Last Modified: 18 Sep 2018 01:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8806

Actions (login required)

View Item View Item