ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH TEOREMA PHYTAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAMPAK TAHUN AJARAN 2017/2018

LILIK ERNAWATI, 1724143137 (2018) ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH TEOREMA PHYTAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAMPAK TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (863kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Berpikir Reflektif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Teorema Phytagoras Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Kelas VIII Smp Negeri Kampak Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Lilik Ernawati, NIM. 1724143137, pembimbing Ummu Sholihah, M. Si. Kata Kunci: Analisis, Berpikir, Reflektif, Pemecahkan Masalah Analisis berpikir reflektif ini didasarkan pada suatu fenomena kecenderungan pada guru matematika yang kurang mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran matematika, terutama kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu berpikir reflektif. Kemampuan berpikir reflektif siswa dalam penelitian ini meliputi 3 fase, yaitu: pertama, Reacting, Comparing, dan Contemplating. Salah satu aktifitas untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berpikirnya reflektif siswa adalah memecahkan masalah. Berpikir reflektif baik digunakan untuk memahami kemampuan siswa dalam berbagai topik matematika, salah satunya materi teorema phytagoras, dimana dalam materi ini siswa masih kurang begitu aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan siswa hanya sekedar menerima apa yang disampaikan oleh guru tanpa memahami betul konsep yang ada dalam materi tersebut. Berkenaan dengan penjelasan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah teorema phytagoras kelas VIII di SMP Negeri 1 Kampak Tahun Ajaran 2017/2018. (2)Mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah teorema phytagoras kelas VIII di SMP Negeri 1 Kampak Tahun Ajaran 2017/2018. (3)Mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah teorema phytagoras kelas VIII di SMP Negeri 1 Kampak Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kampak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes yang diberikan adalah tes berpikir reflektif yang terdiri dari 2 soal tentang teorema phytagoras. Teknik wawancara digunakan untuk mendalami pemahaman konsep matematis pada subjek. Pengambilan subjek didasarkan pada kemampuan matematis siswa tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan berpikir reflektif yang ditinjau dari kemampuan matematis siswa dengan kemampuan matematis tinggi, sedang dan rendah. Berikut bukti kemampuan matematis siswa, (1) pada penyelesaian soal untuk siswa pada kategori tinggi, kemampuan berpikir reflektif siswa sangat tinggi. Hal ini terbukti karena pada semua soal siswa dikatakan reflektif. (2) Pada penyelesaian soal untuk siswa pada kategori sedang, kemampuan berpikir reflektif siswa adalah tinggi. Hal ini terbukti karena hampir semua soal siswa dikatakan reflektif dan terdapat satu soal dimana siswa dikatakan cukup reflektif. (3)Pada penyelesaian soal untuk siswa pada kategori kurang, kemampuan berpikir reflektif siswa adalah sedang. Hal ini terbukti karena dari hasil analisis soal siswa dikatakan kurang reflektif, cukup reflektif dan reflektif. Ketelitian siswa dalam memecahkan masalah mempengaruhi kemampuan berpikir reflektif siswa. Terdapat siswa yang masih belum mengerti sepenuhnya tentang materi prasyarat dari teorema phytagoras.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143137 LILIK ERNAWATI
Date Deposited: 23 Aug 2018 02:57
Last Modified: 23 Aug 2018 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8847

Actions (login required)

View Item View Item