KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 NGADILUWIH TAHUN AJARAN 2017/2018

Mochamad Misbakhudin, 1724143158 (2018) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 NGADILUWIH TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (246kB)
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Misbakhudin, Mochamad, 1724143158, 2018, “Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Perbedaan Gender Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Ngadiluwih Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Sutopo, M.Pd. Kata kunci: kemampuan representasi matematis, gender, pythagoras. Kemampuan representasi merupakan salah satu kemampuan matematis yang perlu dikembangkan oleh siswa dalam proses pembelajaran matematika. Kemampuan representasi juga sangat diperlukan dalam memecahkan masalah dan mengkomunikasikan. Dalam pembelajaran, suatu masalah matematika yang sama diberikan pada beberapa individu, maka akan mendapatkan respon yang berbeda dalam menyelesaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kemampuan representasi matematis siswa laki-laki kelas VIII SMP Negeri 1 Ngadiluwih tahun ajaran 2017/2018 dan 2) kemampuan representasi matematis siswa perempuan kelas VIII SMP Negeri 1 Ngadiluwih tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngadiluwih dengan subjek yang dipilih 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Kemampuan representasi matematis siswa laki-laki dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras pada kelas VIII SMP Negeri 1 Ngadiluwih yaitu membuat gambar untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaiannya, mampu menyelesaikan masalah matematika dengan melibatkan ekspresi matematis, tidak mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah dengan kata-kata. 2) Kemampuan representasi matematis siswa perempuan dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras pada kelas VIII SMP Negeri 1 Ngadiluwih yaitu mampu menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis, tidak mampu membuat gambar untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaiannya, tidak mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah dengan kata-kata.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mochamad Misbakhudin
Date Deposited: 10 Aug 2018 03:41
Last Modified: 10 Aug 2018 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8877

Actions (login required)

View Item View Item