Susanti, Liya (2010) Representasi Kemampuan Berpikir Matematik Mahasiswa TMT Semester IV-A Mengenai Materi Integral Di STAIN Tulunagung Tahun Akademik 2009/2010. [ Skripsi ]
Text
COVER.doc Download (100kB) |
|
Text
Skripsi BAB 1.doc Download (95kB) |
|
Text
Skripsi BAB II.doc Download (269kB) |
|
Text
Skripsi BAB III.doc Download (78kB) |
|
Text
Skripsi BAB IV.doc Download (1MB) |
|
Text
Skripsi BAB V.doc Download (54kB) |
|
Text
LAMPIRAN.doc Download (2MB) |
|
Text
HALAMAN DEPAN.doc Download (92kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa kemampuan berpikir matematik merupakan hal urgen yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Dalam hal ini peneliti berusaha untuk merepresentasikan tingkat kemampuan berpikir matematik mahasiswa mengenai materi integral berdasarkan taksonomi Bloom. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah tingkat kemampuan berpikir matematik mahasiswa mengenai materi integral? (2) Bagaimanakah representasi dari tingkat kemampuan berpikir matematik mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal kalkulus yang berkaitan dengan materi integral? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir matematik mahasiswa mengenai materi integral dan merepresentasikan tingkat kemampuan berpikir matematik mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal Kalkulus yang berkaitan dengan meteri integral. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) melihat latar subjek, (2) menyiapkan soal-soal tes tertulis dan wawancara, (3) mengadakan tes tertulis, (4) mengoreksi hasil tes tertulis, (5) mengadakan wawancara, (6) menganalisis dan mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir matematik mahasiswa berdasarkan taksonomi Bloom, (7) melakukan pembahasan terhadap data dan temuan penelitian, dan (8) menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir matematik mahasiswa mengenai materi integral berdasarkan taksonomi Bloom berada pada tiga tahap tertentu, yaitu menganalisis (analyzing) 90,9 %, mengevaluasi (evaluating) 9,1 % dan berkreasi (creating) 0 %. Jadi secara umum tingkat kemampuan berpikir matematik mahasiswa mengenai materi integral berada pada tahap menganalisis (analyzing). Adapun karakteristik masing-masing tahap adalah sebagai berikut: (1) menganalisis (analyzing): mahasiswa mampu menguraikan, membandingkan, mengorganisir, mengubah struktur serta menyusun ualng suatu bentuk persamaan integral tertentu; (2) mengevaluasi (evaluating): mahasiswa mampu menyusun hipotesis, mengkritik, memprediksi, menilai, menguji, mebenarkan atau pun menyalahkan suatu permasalahan yang berkaitan dengan integral; dan (3) berkreasi (creating): mahasiswa mampu merencanakan, merancang, membangun, menemukan, ataupun menyempurnakan konsep-konsep yang berkaitan dengan integral.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 28 Jan 2015 05:51 |
Last Modified: | 28 Jan 2015 05:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/893 |
Actions (login required)
View Item |