NASRUL MUDOFI, 1721143300 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 03 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (57kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK NASRUL MUDOFI, NIM. 1721143300, “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar Tahun Ajaran 2017/2018”, Skripsi Jurusan Tarbiyah, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd Latarbelakang penelitian ini berangkat dari keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan suatu materi pelajaran, banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor, satu diantaranya ialah pemilihan model pembelajaran. Fokus masalah dari penelitian yaitu (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif type STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran Qur’an Hadist di MAN 3 Blitar (2) Bagaimana implementasi model pembelajran kooperatif type GI (Group Investigation) pada mata pelajaran Qur’an Hadist di MAN 3 Blitar (3) Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif type JIGSAW pada mata pelajaran Qur’an Hadist di MAN 3 Blitar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan bagaimana langkah implementasi model pembelajaran kooperatif type STAD (Student Teams Achievement Division), type GI (Group Investigation), dan JIGSAW pada mata pelajaran Qur’an Hadist di MAN 3 Blitar. (2) Untuk menambah pengetahuan serta dapat melaksanakan terkait type pembelajaran model kooperatif yakni type STAD (Student Teams Achievement Division), GI (Group Investigation), dan Jigsaw. Ini merupakan hal yang penting bagi peneliti agar kelak dapat mengimplementasikan ke suatu kelas apabila dibutuhkan. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Metode observasi, digunakan untuk melihat fenomena dan gejala yang ada atau gejala yang ditimbulkan setelah adanya tindakan model pembelajaran kooperatif yang dilakukan oleh guru Qur’an Hadist. Metode wawancara atau interview digunakan untuk menanyakan sesuatu terkait alasan penggunaan model pembelajaran tersebut. Sedangkan dokumentasi sekolah untuk memperkuat segala pernyataan dengan hasil wawancara dengan guru Qur’an Hadist, siswa dan hasil observasi. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa: 1. Implementasi model pembelajaran kooperatif type STAD pada mata pelajaran qur’an hadist di MAN 3 Blitar. a. Adanya pembentukan kelompok kecil. b. Pemberian materi kepada masing-masing kelompok. c. Mempresentasikan. d. Memberikan tes kepada siswa. e. Pemberian hadiah berupa skor. 2. Implementasi model pembelajaran koperatif type GI pada mata pelajaran qur’an hadist di MAN 3 Blitar. a. Pembentukan kelompok. b. Pemberian materi pembahasan. c. Mempresentasikan materi. d. Pemberian tugas. e. Tugas bisa berupa meresum dan kuis. 3. Implementasi model pembelajaran koperatif type JIGSAW pada mata pelajaran qur’an hadist di MAN 3 Blitar. a. Pembentukan kelompok diskusi. b. Pemberian materi kepada masing-masing kelompok ahli. c. Mempresentasikan kepada kelompok lain secara bergantian. d. Pemberian tugas berupa meresum, kuis dan peta konsep.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143300 NASRUL MUDOFI |
Date Deposited: | 13 Aug 2018 06:50 |
Last Modified: | 13 Aug 2018 06:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8930 |
Actions (login required)
View Item |