ZULFA ROSYIDAH, 17251433317 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (728kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (331kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar” ditulis oleh Zulfa Rosyidah, NIM. 1725143317, pembimbing Musrikah, S.Pd.I, M. Pd. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Guru, Hasil Belajar Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yakni peran guru. Terkait bagaimana strategi pembelajaran yang dilakukan guru dalam mengemas sebuah pembelajaran yang menyenangkan. Sebab pelajaran matematika akan menjadi pelajaran yang mudah apabila dikemas dengan konsep pembelajaran yang dilakukan guru dapat menyenangkan bagi peserta didik. Maka dari itu, di MI Miftahul Ulum Plosorejo menerapkan strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pendekatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam proses perencanaan pembelajaran matematika di MI Miftahul Ulum Kademangan Blitar? 2) Bagaimana metode mengajar yang dilaksanakan guru dalam proses pembelajaran matematika di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar ? 3) Bagaimana pengelolaan kelas yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran matematika di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar ?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Subjek penelitian yakni guru kelas VA dan siswa kelas VA. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Analisa data disajikannya secara tertulis dengan kata-kata yang ditemukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes, serta menarik kesimpulan secara rinci tentang pokok temuan. Teknik pengecekan keabsahan data dengan menggunakan pengujian credibility (perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi teman sejawat), transferability, dependability, dan, confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran yang dilakukan oleh guru di MI Miftahul Ulum menggunakan pendekatan pembelajaran teacher centered atau student centered. Selain itu, dalam proses perencanaan pembelajaran guru juga melakukan sharing dengan guru yang lain untuk berbagi wawasan dalam merencanakan sebuah pembelajaran yang efektif. 2) Guru mmungkinan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, sehingga metode yang diimplementasikan guru MI Miftahul Ulum yakni multimethod (metode campuran) seperti metode ceramah, metode jigsaw, dan metode resitasi. Adapun implementasinya disesuaikan dengan materi pembelajaran, kondisi peserta didik, serta komponen lain yang mendukungnya. 3) Pengelolaan kelas yang dilakukan guru kelas VA yakni dengan memungkinkan adanya keterlibatan siswa secaraaktif dalam pembelajaran yang didukung dengan penggunaan media pembelajaran. Selain itu, juga didukung dengan penataan ruang kelas yang nyaman dan kondusif dalam pembelajaran siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17251433317 ZULFA ROSYIDAH |
Date Deposited: | 24 Aug 2018 07:18 |
Last Modified: | 24 Aug 2018 07:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9114 |
Actions (login required)
View Item |