IKE FAHMY NURDIANA, 1724143277 (2018) KEMAMPUAN BERPIKIR ANALOGIS SISWA KELAS VIII-B DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI MTsN 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (737kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (168kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Analogis Siswa Kelas VIII-B Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Ruang Di MTsN 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Ike Fahmy Nurdiana, NIM. 1724143277, pembimbing Dr. Maryono, M.pd. Kata Kunci : Kemampuan berpikir analogis, Menyelesaikan soal, Bangun ruang. Matematika, bukan hanya berhitung secara mekanis dan prosedural (menggunakan otak kiri), melainkan juga bernalar dan berpikir secara kreatif dan inovatif dalam upaya memecahkan berbagai masalah dan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik (menggunakan otak kanan). Salah satu caranya ialah dengan menggunakan analogi (keserupaan). Berpikir analogis dapat membantu memecahkan masalah matematika yaitu dengan mengaitkan pengetahuan yang telah dipelajari untuk memecahkan masalah yang baru, diantaranya dalam mempelajari materi bangun ruang. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analogis siswa kelas VIII-B yang kemampuan kognitifnya tinggi dalam menyelesaikan soal bangun ruang di MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018, 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analogis siswa kelas VIII-B yang kemampuan kognitifnya sedang dalam menyelesaikan soal bangun ruang di MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018, 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir analogis siswa kelas VIII-B yang kemampuan kognitifnya rendah dalam menyelesaikan soal bangun ruang di MTsN 2 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di MTsN2 Tulungagung. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan teknik ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 siswa kelas VIII-B madrasah tsanawiyah negeri 2 Tulungagung yang meliputi 2 subjek dari masingmasing tingkat kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan kognitif tinggi mampu memenuhi semua tahapan dalam komponen berpikir analogis yaitu encoding (pengkodean), inferring (penyimpulan), mapping (pemetaan), dan applying (penerapan). Tetapi sebagian siswa dengan kemampuan kognitif tinggi belum mampu melalui tahap encoding (pengkodean). Siswa dengan kemampuan kognitif sedang belum mampu melalui semua tahapan dalam komponen berpikir analogis, mereka belum mampu melalui tahap encoding (pengkodean), dan sebagian dari mereka belum mampu melalui tahap mapping (pemetaan) dan applying (penerapan). Siswa dengan kemampuan kognitif rendah sebagian belum mampu melalui semua tahap dalam berpikir analogis yaitu encoding (pengkodean), inferring (penyimpulan), mapping (pemetaan), dan applying (penerapan). Tetapi sebagian dari mereka mampu melalui tahap inferring (penerapan).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143277 IKE FAHMY NURDIANA |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 03:45 |
Last Modified: | 17 Sep 2018 03:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9144 |
Actions (login required)
View Item |