IMPLEMENTASI TATA NILAI ASWAJA AN NAHDLIYAH DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP PLUS NURUL HIKMAH REJOWINANGUN TRENGGALEK

RIFKA ANI BIROTUL HIDAYAH, 1721143342 (2018) IMPLEMENTASI TATA NILAI ASWAJA AN NAHDLIYAH DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP PLUS NURUL HIKMAH REJOWINANGUN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Tata Nilai Aswaja An Nahdliyah dalam Kegiatan Keagamaan” ini ditulis oleh Rifka Ani Birotul Hidayah, NIM. 1721143342 pembimbing Drs. H. Ali Rohmad, M. Ag. Kata Kunci : implementasi tata nilai Aswaja, kegiatan keagamaan Fokus penelitian: (1) Bagaimana implementasi tata nilai Aswaja An Nahdliyah di bidang tawasut dalam kegiatan keagamaan di SMP Islam Plus Nurul Hikmah Rejowinangun Trenggalek ?. (2) Bagaimana implementasi tata nilai Aswaja An Nahdliyah di bidang tasamuh dalam kegiatan keagamaan di SMP Islam Plus Nurul Hikmah Rejowinangun Trenggalek ?. (3) Bagaimana implementasi tata nilai Aswaja An Nahdliyah di bidang tawazun dalam kegiatan keagamaan di SMP Islam Plus Nurul Hikmah Rejowinangun Trenggalek?. Metode Penelitian : pendekatan kualitatif dengan paradigma fenomenologi; rancangan studi kasus; penulis bertindak sebagai pengumpul data dan sekaligus sebagai instrumen dalam mengumpulkan data-data di lapangan dengan menarapkan metode observasi-partisipan, dokumentasi, dan wawancara-mendalam; penulis hadir di lokasi penelitian; sumber data : informan, peristiwa, dokumen; data : Ringkasan Data; prosedur analisis data : reduksi data, penyajian data, verifikasi; pengecekan keabsahan data : perpanjangan keikut-sertaan, keajegan pengamatan, triangulasi (sumber, metode, waktu), pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian : 1. Proses Implementasi tata nilai Aswaja An Nahdliyah di bidang tawasut (moderan) dalam kegiatan keagamaan : Proses Pengenalan nilai – nilai Aswaja An Nahdliyah melalui kegiatan keagamaan yang di lakukan secara terprogram. Siswa paham dan mampu mengamalkan nilai Tawasut dalam kehidupan sehari harinya sehingga dapat membentuk karakter siswa menjadi siswa yang berakhlakul kharimahMasalah yang terjadi ketika proses implementasi tata nilai Aswaja An Nahdliyah dalam kegiatan keagamaan di SMP Islam Plus Nurul Hikmah yaitu latar belakang siswa yang berbeda serta belum semua siswa mengetahui tentang nilai – nilai Aswaja, akan tetapi dengan pembiasaan setiap hari siswa dengan sendirinya paham dan menerapkan dalam kehidupan sehari – hari 2. Implementasi tata nilai Aswaja An Nahdliyah di bidang tawasut (toleran) dalam kegiatan keagamaan : Proses implementasi tata nilai Aswaja An Nahdliyah Melalui program harian dan program bulanan yang sudah terprogramkan yaitu kegiatan sholawatan, ziaroh, dan istighosah. Metode yang digunakan untuk pengenalan nilai Aswaja An Nahdliyah di bidang Tasamuh melalui kegiatan gotong royong, saling menghargai pendapat sesama teman maupun guru. 3. Implementasi tata nilai Aswaja An Nahdliyah di bidang tawasut (seimbang) dalam kegiatan keagamaan : penyeimbangan antara ilmu umum dan ilmu agama serta penyeimbangan antara hubungan sesama makhluk dan hubungan kepada Allah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PAI 1721143342 RIFKA ANI B. HIDAYAH
Date Deposited: 18 Sep 2018 06:40
Last Modified: 18 Sep 2018 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9413

Actions (login required)

View Item View Item