PENERAPAN METODE GABUNGAN WAHDAH DAN KITABAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MAN KOTA BLITAR

AHMAD BAIHAQI, 1721143022 (2018) PENERAPAN METODE GABUNGAN WAHDAH DAN KITABAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (974kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Baihaqi, NIM: 1721143022. 2018. Penerapan Metode Gabungan Wahdah dan Kitabah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN Kota Blitar. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dibimbing oleh Lailatuzz Zuhriyah, M,Fil.I. Kata Kunci: Penerapan Metode Gabungan Wahdah dan Kitabah, Kualitas Menghafal al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilandaskan pada konteks penelitian kemampuan menghafal al-Qur’an setiap orang berbeda-beda, demikian juga cara yang dilakukannya. Dari berbagai pengalaman itulah akhirnya para ulama merumuskan berbagai metode menghafal al-Qur’an. Metode tersebut antara lain metode tahfidz, metode wahdah, metode kitabah, metode gabungan wahdah dan kitabah, metode jama’, metode talaqqi, metode jibril, metode isyarat, metode takrir, dan metode sorogan. Dalam realitas, proses belajar mengajar hafalan al-Qur’an tidak murni menerapkan satu metode, tetapi memadukan beberapa metode sekaligus. Pada obyek penelitian ini metode yang diterapkan dalam mengantarkan siswa yang memiliki kompetensi hafalan al-Qur’an dan Hadits adalah gabungan antara metode wahdah dan kitabah. Fenomena ini menarik untuk diteliti karena dengan upaya penerapan gabungan metode manghafal al-Qur’an, memiliki nilai lulusan dengan kompetensi hafalan al-Qur’an yang cukup baik. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN Kota Blitar (2) Bagaimanakah keunggulan penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN Kota Blitar? dan (3) Bagaimanakah kelemahan penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN Kota Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode gabungan wahdah dan kitabah beserta penerapannya, untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan metode gabungan wahdah dan kitabah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Sedangkan sumber data berupa sumber data perorangan, sumber data tempat, dan sumber data dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kasus tunggal dengan menggunakan siklus interaktif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143022 AHMAD BAIHAQI
Date Deposited: 18 Sep 2018 07:42
Last Modified: 18 Sep 2018 07:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9418

Actions (login required)

View Item View Item