RULLY SUDIBYO, 2814133166 (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VEKTOR DIMENSI 3 DI SMAN 1 CAMPURDARAT. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (875kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (701kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (513kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) ntuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Vektor Dimensi 3 di SMAN 1 Campurdarat” ini ditulis oleh Rully Sudibyo, NIM. 2814133166 Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Dewi Asamarani, M. Pd. Kata Kunci: Pengembangan Modul, vektor dimensi 3, PBL. Fenomena pembelajaran yang terjadi, masih ditemukan sebagian besar siswa hanya menerima materi kemudian menghafalkannya. Siswa melewatkan proses pemahaman materi. Siswa yang diberikan materi akan menerimanya untuk kemudian dihafalkan sebelum diaplikasikan dalam penyelesaian soal. Padahal seharusnya siswa memahami apa yang mereka dapatakan karena dengan begitu siswa akan tetap mengingat materi yang disampaikan meskipun telah lama tidak digunakan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Analysys, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Adapun prosedur pengembangan modul pembelajaran melalui tahap-tahap berikut : (1) Analisis, (2) Mendesain draft modul, (3) Mengembangkan draft modul pembelajaran, (4) Menerapkan modul pembelajaran di kelas, (5) Melakukan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data yang dugunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan tes. Wawancara digunakan untuk menggali permasalahan apa yang terjadi di dalam kelas, karakter siswa, jadwal pelajaran, kurikulum yang digunakan, nilai KKM, dan presentase keefektifan modul pembelajaran. Angket digunakan untuk menilai kelayakan dan kepraktisan produk. Sedangkan tes digunakan untuk untuk menguji keefektifan produk. Validasi produk berdasakan 4 aspek yaitu kebahasaan, grafik, kelayakan isi, dan penyajian materi. Berdasarkan hasil validasi modul pembelajaran yang dikembangkan, dapat diperoleh rata-rata penilaian 3,77 dengan kriteria baik (tidak perlu revisi). Analis kepraktisan modul pembelajaran didasarkan oleh angket respon siswa. Angket respon siswa diperoleh rata-rata 3,843 dengan kriteria sangat praktis. Keefektifan modul pembelajaran didasarkan oleh presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 87,09%. Dengan demikian modul pembelajaran yang telah dikembangkan layak dijadikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika pada materi Vektor Dimensi 3.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133166 RULLY SUDIBYO |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 03:41 |
Last Modified: | 12 Oct 2018 03:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9648 |
Actions (login required)
View Item |