PENGARUH PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DENGAN METODE AN-NAHDLIYAH TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTs AS-SYAFI’IYAH POGALAN TRENGGALEK

MA’IN ILAFAH, 1721143225 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DENGAN METODE AN-NAHDLIYAH TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MTs AS-SYAFI’IYAH POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (555kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (184kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan metode An-Nahdliyah terhadap motivasi dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek”, ini ditulis oleh Ma’in Ilafah, NIM 1721143225, pembimbing Dr. H. Abdul Aziz, M. Pd. I. Kata kunci: Metode An-Nahdliyah, Motivasi, Kemampuan Membaca Al Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi membaca Al Qur’an siswa dan kemampuan membaca Al-Qur’an yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan tepat tepat sesuai tajwid. Dalam hal ini peneliti akan melihat pengaruh penerapan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan Metode An Nahdliyah terhadap motvasi dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan metode An-Nahdliyah terhadap motivasi membaca Al-Qur’an siswa di MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek? (2) Adakah pengaruh pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan metode An Nahdliyah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek ? (3) Adakah pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan metode An-Nahdliyah terhadap motivasi dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek? Skripsi ini bermanfaat bagi kepala Madrasah Tsanawiyah Penelitian ini bisa dipergunakan sebagai tambahan wawasan dan bahan pertimbangan baru tentang pentingnya penerapan model diskusi terhadap kemampuan tes lisan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Bagi guru MTs As-syafi’iyah Pogalan Trenggalek untuk selalu meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan metode An-nahdliyah dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sehingga pada akhirnya siswa memperoleh nilai belajar yang baik. Bagi siswa-siswi MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek sebagai bahan kajian untuk meningkatkan motivasi dan kemampuannya dalam membaca Al-Qur’an. Bagi peneliti lain sebagai bahan studi perbandingan, masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi (quasi experiment) atau eksperimen semu dengan menggunakan desain Modifikasi Post-Test Only Control Design dimana dalam rancangan ini dilibatkan dua kelompok yang dibandingkan, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sedangkan instrumen dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket dan tes prestasi untuk mengukur motivasi dan kemampuan membaca Al-Qur’an, observasi,wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengukur tingkat keterlaksanaan metode An-Nahdliyah. Setelah dilaksanakan pengujian menggunakan t-test independent hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan metode An-Nahdliyah terhadap motivasi membaca Al-Qur’an siswa di MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek yang ditunjukkan hubungan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai angket motivasi memiliki tingkat signifikansi 0,000<0,05. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan metode An-Nahdliyah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek yang ditunjukkan hubungan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai hasil tes memiliki tingkat signifikansi 0,000<0,05. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan metode An-Nahdliyah terhadap motivasi dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek yang ditunjukkan hubungan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai angket dan hasil tes memiliki tingkat signifikansi 0,000<0,05. Dengan demikian, semua pengujian menunjukkan Ho ditolak Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan metode An-Nahdliyah terhadap motivasi dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs As-Syafi’iyah Pogalan Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143225 MA’IN ILAFAH
Date Deposited: 25 Oct 2018 04:51
Last Modified: 25 Oct 2018 04:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9711

Actions (login required)

View Item View Item