SISCA RAHMAWATI, 1721143372 (2018) ERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN YANG BERKUALITAS DI SMA NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Proses Pembelajaran yang Berkualitas di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018”. Ini ditulis oleh Sisca Rahmawati, NIM. 1721143372, pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M. Psi. Kata kunci: peran guru, kualitas pembelajaran Penelitian ini di latar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa di dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di antaranya adalah peran guru sebagai pembimbing, motivator, evaluator. Sebagai pembimbing guru juga memakai fasilitas sekolah yang digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran seperti, masjid, proyektor, dan lain sebagainya. Guru tidak hanya membimbing, tetapi guru juga memberikan motivasi kepada siswa agar kualitas pembelajaran bisa terpenuhi secara maksimal. Selanjutnya di bagian akhir pembelajaran,guru juga berperan sebagai evaluator, yang ditandai dengan guru melontarkan pertanyaan secara langsung kepada siswa. Selain itu guru juga mengadakan test maupun non-test. Dalam penelitian ini di fokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu: (1) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai pembimbing dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai motivator dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai evaluator dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam sebagai pembimbing dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mengetahui peran guru pendidikan agam islam sebagai motivator dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (3) Untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam sebagai evaluator dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata dan tindakan, yang kemudian berusaha di deskripsikan dan di interpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan, antara lain dilakukan dengan memperpanjang pengamatan, ketekunan, triangulasi. xiv Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti di antaranya yaitu: Pertama, peran guru sebagai pembimbing adalah guru menggunakan fasilitas sekolah, yang dicontohkan langsung guru memakai layar proyektor untuk menampilkan video pembelajaran pendidikan agama islam. Kedua, peran guru sebagai motivator adalah melaluin dengan member hadiah atau kata-kata pujian. Ketiga, peran guru sebagai evaluator adalah melalui guru memberikan pertanyaan secara langsung kepada siwa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143372 SISCA RAHMAWATI |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 02:40 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 02:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9891 |
Actions (login required)
View Item |