KALISTA ISFADA, 1733143029 (2018) DINAMIKA PSIKOLOGIS MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI IAIN TULUNGAGUNG : SEBUAH STUDI FENOMENOLOGI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (418kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (360kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (175kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (906kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Dinamika Psikologis Mahasiswa Penghafal Al-Qur‟an Di IAIN Tulungagung : Sebuah Studi Fenomenologi” ditulis oleh Kalista Isfada. , NIM. 1733143029. pembimbing Lilik Rofiqoh, S. Hum, M.A . Kata kunci: dinamika psikologis, penghafal Al-Qur‟an Dinamika psikologis merupakan sebuah sistem psikologi yang menekankan penelitian terhadap hubungan sebab akibat dalam motif dan dorongan hingga munculnya sebuah perilaku. Pada penelitian ini subyek merupakan mahasiswa aktif semester dua yang berusia remaja dan bertempat tinggal di ma‟had. Para subyek harus menjalani hafalan Al-Qur‟an dengan diiringi melaksanakan kewajibanya di kampus dan kewajibanya sebagai anggota ma‟had. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana dinamika psikologi yang di alami oleh mahasiswa penghafal Al-Qur‟an. (2) Apa faktor yang mempengaruhi proses menghafalkan Al-Qur‟an (3) Apa motivasi mahasiswa dalam menghafalkan Al-Qur‟an. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika psikologi mahasiswa penghafal Al-Qur‟an dan mengetahui faktor yang menghambat dan menunjang proses menghafal, serta untuk mengetahui motivasi mahasiswa dalam menghafalkan Al-Qur‟an. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini adalah empat remaja putri yang menjadi mahasiswa aktif di IAIN Tulungagung dan bertempat tinggal di Ma‟had kampus. Untuk jenis data yang ada dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian didapatkan menggunakan tekhnik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap subyek memunculkan semua aspek dinamika psikologis. Akan tetapi memiliki alasan dan pendapat yang variatif pada setiap subyek. Hal ini dikarenakan setiap subyek memiliki latar belakang kehidupan yang berbeda-beda. Hubungan interpersonal subyek berjalan dengan baik. Faktor yang menghambat dan faktor yang menunjang dalam poses menghafalkan Al-Qur‟an relatif sama pada setiap subyek, yaitu; penghambat berupa kemalasan, media elektronik/smart phone, lupa, lingkungan yang tidak mendukung. Faktor penunjang; tetap menjaga kelurusan niat dalam menghafalkan Al-Qur‟an, pemilihan waktu dan lingkungan yang tepat serta harus menjaga sikap dan tingkah laku serta menjauhi maksiat, tidak boleh sombong dan menganggap remeh ayat-ayat Al-Qur‟an. Motivasi mahasiswa dalam menghafalkan Al-Qur‟an dominan karena orang tua dan keinginan diri sendiri. Temuan baru yang diperoleh hanya dari subyek P dan R. P sangat tertekan dengan kegiatan menghafalkan AlQur‟an. Hal ini P ekspresikan dengan menangis ketika menjawab pertanyaan pada sesi wawancara. Kemudian faktor yang menjadi penghambat P adalah belum sepenuhnya mempunyai niat untuk menghafalkan Al-Qur‟an. Kemudian pada subyek R temuan baru yang diperoleh adalah R memutuskan untuk tidak melakukan pacaran demi kelancaranya dalam proses menghfalkan Al-Qur‟an. Selain itu, menghafalkan Al-Qur‟an dapat mengontrol perilaku negatif pada subyek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi |
Depositing User: | 1733143029 KALISTA ISFADA |
Date Deposited: | 10 Dec 2018 06:51 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 06:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9902 |
Actions (login required)
View Item |