ANALISIS MATRIK BOSTON CONSULTING GROUP TABUNGAN BOTOL UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENABUNG DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BAITUL MAAL WAT TAMWIL PEREKONOMIAN TASYRIKAH AGUNG TULUNGAGUNG

ANA NOOR FUADATI, 1741143027 (2019) ANALISIS MATRIK BOSTON CONSULTING GROUP TABUNGAN BOTOL UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENABUNG DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BAITUL MAAL WAT TAMWIL PEREKONOMIAN TASYRIKAH AGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (798kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Matrik Boston Consulting Group Tabungan Botol untuk Meningkatkan Minat Menabung di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Perekonomian Tasyrikah Agung Tulungagung” ini ditulis oleh Ana Noor Fuadati, NIM 1741143027, pembimbing Sri Eka Astutiningsih, SE.,M.M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat atau kesadaran masyarakat menabung, hingga membuat KSPPS BMT PETA Tulungagung merencanakan strategi untuk meningkatkan minat menabung dengan mengeluarkan produk tabungan botol. KSPPS BMT PETA Tulungagung perlu mengetahui faktor-faktor yang menjadi keunggulan sekaligus kelemahan dengan mengambil acuan kepada pesaingnya, maka perlu diterapkan konsep strategi pemasaran berdasarkan matrik Boston Consulting Group (BCG).Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah : (1)Bagaimana pemetaan produk tabungan botol dengan matrik Boston Consulting Group di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Perekonomian Tasyrikah Agung (PETA) Tulungagung? (2)Bagaimana strategi pemasaran produk tabungan botol guna meningkatkan minat menabung dengan matrik Boston Consulting Group di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal wa Tamwil Perekonomian Tasyrikah Agung (PETA) Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif sedangkan data yang diambil adalah sumber data primer (data yang diperoleh langsung dari sumber asli bukan oleh perantara), dan sumber data sekunder (sumber data penelitian yang diperoleh dari peneliti secara tidak langsung melalui perantara), sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Langkah terakhir dalam metode penelitian adalah analisis data. Hasil penelitian ini menujukkan (1)Pemetaan produk tabungan botol dengan matrik BCG di KSPPS BMT PETA Tulungagung menunjukkan posisi sebuah perusahaan dalam kondisi pangsa pasar yang sangat rendah dan pertumbuhan pasar yang lambanyang artinyaberada dalam posisi Anjing menurut matrik BCG.(2)Strategi pemasaran produk tabungan botol guna meningkatkan minat menabung dengan matrik BCG di KSPPS BMT PETA Tulungagung adalah dengan cara sosialisasi dan mengambil isi tabungan masyarakat setiap bulan, maka akan timbul informasi dari mulut ke mulut. Hal ini merupakan strategi pemasaran yang sangat efektif dan langsung mengena ke masyarakat. Kata Kunci : Matrik BCG, Strategi Pemasaran, Tabungan Botol, KSPPS BMT PETA Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 1741143027 Ana Noor Fuadati
Date Deposited: 10 Jan 2019 07:40
Last Modified: 10 Jan 2019 07:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10030

Actions (login required)

View Item View Item