PENGARUH MEDIA BONEKA TONGKAT TERHADAP MOTIVASI INSTRINSIK dan HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS III MIN REJOTANGAN (MIN 5 TULUNGAGUNG)

NILA RUKMANA SARI, 1725143206 (2019) PENGARUH MEDIA BONEKA TONGKAT TERHADAP MOTIVASI INSTRINSIK dan HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS III MIN REJOTANGAN (MIN 5 TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Boneka Tongkat Terhadap Motivasi Instrinsik dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas III MIN Rejotangan (MIN 5 Tulungagung)” ini ditulis oleh Nila Rukmana Sari, NIM. 1725143206, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pembimbing Drs.H Jani,M.M., M.Pd Kata Kunci : Media Boneka Tongkat, Motivasi Instrinsik, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran SKI. Kurangnya kreatifitas guru dalam menerapkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran mengakibatkan siswa menjadi bosan dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menerapkan media pembelajaran boneka tongkat untuk meningkatkan motivasi instrinsik dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Rejotangan (MIN 5 Tulungagung) pada kelas III. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain (1) Adakah pengaruh media boneka tongkat terhadap motivasi instrinsik siswa MIN Rejotangan (MIN 5 Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh media boneka tongkat terhadap hasil belajar siswa MIN Rejotangan (MIN 5 Tulungagung)?, (3) Adakah pengaruh media boneka tongkat terhadap motivasi instrinsik dan hasil belajar siswa MIN Rejotangan (MIN 5 Tulungagung)?. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperimental design (eksperimen semu) dengan model desain yang digunakan adalah non equivalent post test-only control group designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MIN Rejotangan (MIN 5 Tulungagung) yang berjumlah 47 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan tes yang berupa post test untuk mengukur hasil belajar siswa sesudah diberi perlakuan. Instrumen soal sebelum digunakan untuk memperoleh data yang objektif, maka terlebih dahulu dilakukan pengujian validasi dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah T-test dan uji anova dua jalur (Manova) yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Adanya pengaruh yang signifikan media boneka tongkat terhadap motivasi instrinsik. Hasil T-test menunjukkan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,001 <0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan media boneka tongkat terhadap motivasi instrinsik siswa kelas III pada mata pelajaran SKI. Sehingga diterima dan ditolak. 2) Adanya pengaruh yang signifikan media boneka tongkat terhadap hasil belajar siswa. Dari T-test menunjukkan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,000< 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasiterhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran SKI. Sehingga diterima dan ditolak. 3) Adanya pengaruh yang signifikan media boneka tongkat terhadap motivasi instrinsik dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran SKI MIN Rejotangan (MIN 5 Tulungagung). Dari hasil uji anova 2 jalur (manova) menunjukkan bahwa nilai keduaya 0,015< 0,05 sehingga diterima dan ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143206 NILA RUKMANA SARI
Date Deposited: 24 Jan 2019 04:38
Last Modified: 24 Jan 2019 04:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10088

Actions (login required)

View Item View Item