PENGARUH FUNGSI PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG

RIYA KRISTIYANI, 1725143253 (2019) PENGARUH FUNGSI PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Fungsi Pergaulan Teman Sebaya terhadap Kedisiplinan dan Hasil Belajar Siswa MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Riya Kristiyani, NIM. 1725143253, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Fungsi Pergaulan Teman Sebaya, Kedisiplinan, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa interaksi siswa teman sebaya pada konteks lingkungan belajar akan berpengaruh pada hasil belajarnya. Demikian juga kedisiplinan terhadap aturan juga bisa dipengaruhi oleh teman sebayanya. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh fungsi pergaulan teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa MIN 4 Tulungagung 2) Untuk mengetahui pengaruh fungsi pergaulan teman sebaya terhadap terhadap hasil belajar siswa MIN 4 Tulunggung 3) Untuk mengetahui pengaruh fungsi pergaulan teman sebaya terhadap terhadap kedisiplinan dan hasil belajar siswa MIN 4 Tulunggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 240 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 44 siswa kelas V yang terdiri dari 22 siswa kelas VA dan 22 siswa kelas VB. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara fungsi pergaulan teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa kelas V MIN 4 tulungagung. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai Fhitung = 48,578 ≥ Ftabel = 4,07 pada signifikan 0.000 ≤ 0.05 untuk N = 44, maka Ho ditolak berarti Ha diterima, 2) Ada pengaruh yang signifikan antara fungsi pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 4 tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung = 22,320 ≥ Ftabel = 4,07 pada signifikan 0.000 ≤ 0.05 untuk N = 44, maka Ho ditolak berarti Ha diterima, 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fungsi pergaulan teman sebaya terhadap kedisiplinan dan hasil belajar siswa di MIN 4 Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi pada Pillai’s Trasce, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roys Largest Root < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143253 RIYA KRISTIYANI
Date Deposited: 01 Feb 2019 01:41
Last Modified: 01 Feb 2019 01:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10109

Actions (login required)

View Item View Item