Nur Fariha, Agustin (2012) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maftahul Ulum Karangsono-01 Kanigoro Blitar. [ Skripsi ]
Text
01_Halaman Sampul.docx Download (154kB) |
|
Text
02_Bagian Awal.docx Download (42kB) |
|
Text
03_BAB. I. Pendahuluan.docx Download (46kB) |
|
Text
04_BAB II. Kajian Pustaka.docx Download (73kB) |
|
Text
05_BAB III.Metode penelitian.docx Download (47kB) |
|
Text
06_BAB IV. Paparan Hasil Penelitian.docx Download (57kB) |
|
Text
07_BAB. V. Penutup.docx Download (28kB) |
|
Text
08_DAFTAR PUSTAKA.docx Download (24kB) |
Abstract
Kata Kunci: Al-Qur’an, Baca Tulis, Upaya Guru meningkatkan kemampuan Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam pada masa kini, yang dihadapkan pada tantangan Zaman. Dalam menghadapi tantangan tersebut seorang guru khususnya Guru Al-Qur’an Hadits berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mendorong siswanya untuk tidak meninggalkan ajaran Islam seperti Membaca dan menulis Al-Qur’an, Sholat berjama’ah, Puasa, Zakat, dll. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar, 2). Faktor Pendukung Guru dalam dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar, 3). Faktor Penghambat Guru dalam dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar. Adapun yang menjadi Tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1). Untuk mengetahui Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuana Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar, 2). Untuk mengetahui Faktor Pendukung Guru dalam dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar, 3). Untuk mengetahui Faktor Penghambat Guru dalam dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar. Adapun metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada 3 yaitu : Orang, meliputi Kepala Madrasah dan Guru Al-Qur’an Hadits, tempat, paper/ dokumen yaitu berupa catatan-catatan/ arsip. Prosedur pengumpulan data, meliputi metode, observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknik analisis data, meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa 1). Adapun Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar meliputi melalui pembiasaan, pemberian point/ nilai serta adanya bimbingan, 2). Ada beberapa faktor pendukung Guru dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum Karangsono-01 Kanigoro Blitar, yaitu : Adanya minat dari anak didik, fasilitas yang memadai, pelajaran tilawatil Qur’an, 3). Faktor Penghambatnya, kurang adanya kesadaran anak didik akan pentingnya belajar membaca dan menulis Al-Qur’an, Lingkungan ekonomi keluarga yang rendah sehingga anak didik tidak mendapat perhatian dan kontrol dari orangtua untuk belajar membaca dan menulis Al-Qur’an.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 07:03 |
Last Modified: | 04 Feb 2015 07:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1012 |
Actions (login required)
View Item |