ENDRI WAHYUDI, 17201153390 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VII MTsN 05 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (442kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (495kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (219kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (498kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (834kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (837kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (378kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas VII MTsN 05 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Endri Wahyudi, NIM 1720113390, pembimbing Drs. Masduki, M.Ag Kata kunci: Model Pembelajaran Scramble, Pembelajaran SKI, Hasil Belajar Model pembelajaran Scramble adalah sebuah metode yang menggunakan penekanan latihan soal berupa permainan yang dikerjakan secara berkelompok dan perlu adanya kerjasama antar anggota kelompok untuk saling membantu teman satu kelompok dapat berpikir kritis sehingga dapat lebih mudah dalam mencari penyelesaian soal. Penerapan model pembelajaran Scramble diharapkan memiliki efek positif dalam meningkatkan minat belajar siswa yang mempengaruhi hasil belajar mereka. Dalam pembelajaran ini, para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 5-6 siswa. Setiap kelompok harus bekerja sama menyelesaikan soal-soal yang telah dibagikan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1). Adakah pengaruh model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII MTsN 05 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019 ? 2). Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII MTsN 05 Tulungagung sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Scramble? Tujuan dari penelitian ini adalah : 1). Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII MTsN 05 Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. 2) Untuk menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas VII MTsN 05 Tulungagung sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Scramble. Penulis menggunakan Desain penelitian quasai eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 5 Tulungagung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas control yang terdiri dari 25 siswa dan VII B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 25 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah test kemampuan siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi kondisi masyarakat Madinah sebelum islam datang dan hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan menggunakan Statistical Package for the Social Science (SPSS) 18.0 for windows Hasil menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen sebelum diajar menggunakan model pembelajaran Scramble adalah 53.92 dan nilai rata-rata sesudah diajar rmenggunakan model pembelajaran Scramble adalah 82.72. Sedangkan di kelas kontrol juga terdapat peningkatan nilai rata-rata dari 49.04 menjadi 71.76. Tetapi, peningkatan nilai rata-rata di kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Selain itu, hasil penghitungan menggunakan Independent Sample T-test dengan SPSS 18.00 menunjukan bahwa nilai signifikan adalah 0.00. Itu berarti bahwa nilai signifikan lebih kecil dibanding level signifikan (0.00 < 0.05). Hasil nilai signifikan mengindikasikan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Itu artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Scramble dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi kondisi masyarakat Madinah sebelum islam datang dan hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah kelas VII di MTsN 5 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd 17201153390 ENDRI |
Date Deposited: | 13 Feb 2019 02:23 |
Last Modified: | 13 Feb 2019 02:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10177 |
Actions (login required)
View Item |