HERU TRI CAHYONO, 1721143164 (2019) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI SISWA DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung”, ini ditulis oleh Heru Tri Cahyono, NIM 1721143164, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Nur Kholis M.Pd Kata Kunci: Strategi guru aqidah ahlak, karakter mandiri siswa Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui strategi guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter mandiri siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung, 2) Mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi karakter mandiri siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Metode penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Data penelitian ini adalah strategi guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter mandiri siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi karakter mandiri siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung, sementara sumber data diperoleh dari respon seperti: kepala madrasah, guru aqidah akhlak dan sebagian siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumetasi. Teknik analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan pengecekan keabsahan temuan menggunakan ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Strategi guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter mandiri siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung yaitu memberikan pemahaman tentang nilai karakter mandiri melalui ceramah, memberikan contoh keteladanan, membiasakan siswa untuk berkarakter mandiri, metode yang digunakan ceramah, diskusi dan penugasan, 2) Faktor yang mempengaruhi karakter mandiri siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung yaitu kecerdasan intelektual siswa, pola asuh orang tua, kecerdasan yang di bentuk oleh guru dan lingkungan sosial.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143164 HERU TRI CAHYONO |
Date Deposited: | 25 Mar 2019 08:48 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 08:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10222 |
Actions (login required)
View Item |